Hendrawan S. Hadi | SWA.co.id

Hendrawan S. Hadi

Hendrawan Saputro Hadi Hendrawan Saputro Hadi

Dunia pemasaran sudah menjadi pilihan hidup Hendrawan Saputro Hadi. Baginya, ilmu pemasaran adalah silaturahmi. Ini sejalan dengan karakternya yang suka bertemu banyak orang dan bersosialisasi. Maka, setamat kuliah S-1 Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah, Malang, dia memilih bekerja di bagian pemasaran hingga sekarang.

Perjalanan kariernya dimulai dari Indosat tahun 2007. Sembari bekerja, untuk memperdalam ilmu pemasaran, dia kuliah lagi untuk meraih gelar master di Jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Trisakti. Setahun di Indosat, Hendrawan menjajal dunia perbankan, tetapi tetap di bagian pemasaran juga, yaitu pindah ke Bank OCBC NISP. “Di Bank OCBC NISP, saya banyak belajar tentang penjualan dan dididik keras untuk menjadi seorang pemasar andal,” ucap pria kelahiran Blitar 24 Juni 1983 itu.

Hendrawan mengaku, berkat kinerjanya yang cemerlang di Bank OCBC NISP, dia banyak mendapat tawaran kerja, salah satunya di Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN). Dia pun hijrah ke bank swasta itu dan bertahan hingga lima tahun. Di BTPN, pehobi main sepak bola dan basket ini dididik sebagai leader yang membawahkan 6-7 staf pemasaran. Waktu itu, dia bertanggung jawab untuk tiga cabang BTPN di Jakarta cabang Puri, Pecenongan, dan Rawamangun.

Berbekal pengalaman kerja di OCBC NISP dan BTPN itulah, Hendrawan makin tertantang kerja di bank lain. Tahun 2015, dia memutuskan berlabuh di Bank Capital sebagai manajer bisnis.

Tugas sebagai Manajer Bisnis Bank Capital sangat berat. Hendrawan menyebut sederet tanggung jawabnya, antara lain, mengembangkan, merencanakan, dan mengoordinasi semua staf. Lalu, memastikan efisiensi biaya hingga tercapai profit cabang. Juga, memenuhi target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaan mulai dari perspektif finansial, seperti meningkatkan profit stabilitas cabang, penghimpunan dana, hingga pengendalian biaya operasional. “Selama dua bulan saya bekerja di Bank Capital memang belum ada kendala yang berarti, karena tim masih bekerja dengan baik dan sesuai dengan arahan,” ujarnya lega.

Meski demikian, Hendrawan sudah menetapkan target pencapaiannya di Bank Capital. Dia ingin cabang Kelapa Gading yang dipegangnya saat ini bisa tumbuh dan mendapatkan profit maksimal. Caranya, dia mengevaluasi khusus target pasar dan menjaga hubungan baik dengan tim. Dia memiliki lima prinsip utama yang dijalankan sebagai strategi pemasaran di Bank Capital, yakni: tim harus memahami produk dan keunggulan produk, fokus target pasar, proses penjualan yang sesuai dengan perencanaan, evaluasi, dan membina hubungan baik dengan klien.

Untuk rencana karier ke depan, saya ingin meraih posisi direktur pemasaran dan membantu agar Bank Capital bisa memperbanyak cabang, serta tetap mempertahankan layanan kepada nasabah,” ujar eksekutif yang pernah meraih hadiah jalan-jalan ke Madrid, Barcelona, dan Lisboa (Portugal) atas prestasinya itu.

Eva M. Rahayu/Tiffany Diahnisa

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)