Lucas Adrian

Kesukaannya pada matematika sejak SD mendorong Lucas Adrian kuliah di Jurusan Industrial Engineering and Operations Research University of California, Berkeley, AS, sejak 2005. Setelah empat tahun di AS, ia melihat fenomena start-up sedang booming di Silicon Valley. Ia juga makin tertarik dengan dunia teknologi informasi setelah melihat tren pasar sentra data, khususnya di Asia Tenggara dan Indonesia. Maka, selepas kuliah, ia pun pulang ke Indonesia dan memulai kariernya di Indonet, perusahaan Internet service provider. Pria kelahiran Jakarta 25 Mei 1987 ini mulai dari posisi analis sampai jadi Department Head Quality Management Indonet.

Lucas Adrian ~~

Dua tahun berselang, sebuah tawaran untuk bergabung datang dari. Konsep DCI yang dinilainya menarik sukses membuatnya bergabung sebagai Manajer Operasional PT DCI Indonesia. “Berbeda dengan perusahaan lain, di DCI proses itu nomor satu. Tim manajemennya ingin proses didefinisikan dulu dari awal, baru masuk ke tahap desain gedung. Jadi, gedung ini didesain berdasarkan proses yang sesuai untuk operasi data centre,” Lucas mengungkapkan.

Pada dasarnya, ada empat pilar yang menjadi tanggung jawab Lucas di bidang operasional, yaitu servis, keamanan (security), stabilitas dan skalabilitas. Untuk menjamin keempat pilar tersebut, ia membangun tim Quality Management. “Mereka bertugas memonitor performa departemen masing-masing di bawah operasional serta melakukan improvement,” ujarnya.

Lucas mempertahankan tim yang langsing, tetapi dengan potensi dan kualitas yang tinggi. Terbukti, tim divisi operasional tersebut hanya beranggotakan 20 orang. Ke depan, ia ingin tetap fokus di DCI, terlebih saat ini meskipun DCI baru memiliki satu gedung, desain untuk gedung 2 sampai 8 sudah siap. “Mungkin mulai dibangun dalam 1 atau 2 tahun ke depan, tergantung sales,” katanya.

Rosa Sekar Mangalandum

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)