Novita Eka Wulandari

Novita Eka Wulandari ~~

Bidang riset dan analisis pasar adalah keahlian Novita Eka Wulandari. Bidang itu pula yang menjadi passion-nya dan konsisten ia geluti di sepanjang kariernya di berbagai industri. Sejak Maret 2013, lulusan Teknik Industri dari Universitas Gadjah Mada ini menjabat sebagai Kadiv Riset & Analis Industri PT Indosat Tbk. Karier Novita sebenarnya dimulai dari industri fast moving consumer goods, tepatnya sebagai Manajer Junior PT Unilever Indonesia Tbk. tahun 2007. Posisi terakhirnya, Asisten Manajer Consumer and Market Insight. Lalu, di tahun 2009, wanita kelahiran Yogyakarta 14 November 1985 ini bergabung dengan Esia sebagai Manajer Consumer Market Insight.

Novita sempat bergabung dengan Millward Brown Indonesia, konsultan riset konsumer yang spesialisasinya di bidang komunikasi, sebagai Direktur Akun Riset Kuantitatif (2012). Namun hanya 9 bulan, ia kemudian pindah ke Indosat pada Maret 2013. “Saya kurang cocok dengan karakter pekerjaan di sana. Di konsultan, otoritas kami hanya sebatas memberikan masukan kepada klien, sementara di korporat kami bisa mengambil langsung penyelesaian masalah,” ia menjelaskan.

Di posisinya saat ini ia bertanggung jawab mengidentifikasi kebutuhan, tren, dan perilaku konsumen. Baginya, industri telekomunikasi memberikan banyak pelajaran karena sifatnya sangat dinamis, dan menurutnya, saat ini belum ada produk telekomunikasi yang benar-benar terdiferensiasi, apalagi terjadi perang harga antarpelaku bisnis ini. “Tantangan saya sebagai periset adalah mencari jalan keluar dari perang harga, dan saya masih dalam proses menemukan diferensiasinya,” ujar Novita.

Novita mengaku, tidak memiliki kiat khusus dalam mengatasi setiap tantangan dalam pekerjaannya tersebut, cukup menjadi seorang yang fleksibel. Dalam 3-5 tahun ke depan, Novita tetap ingin berkembang sesuai dengan minatnya di bidang analisis data. “Suatu saat nanti saya ingin mendirikan konsultan bisnis, yang keahliannya di bidang pemasaran, industri dan konsumen,” ungkap ibu Mahadri Zidane A. ini.

Rangga Wiraspati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)