Pierre P. Panjaitan

Meski produk susu Frisian Flag sudah menjadi market leder, tidak membuat Pierre Parlindungan Panjaitan, Key Account Manager PT Frisian Flag Indonesia, santai-santai saja. Justru, dia tertantang bagaimana membuat produk susu itu menjadi top of mind konsumen. Maklum, saat ini persaingan di industri susu dalam kemasan sangat ketat.

Pierre Parlindungan Panjaitan Pierre P. Panjaitan

Tantangannya, bagaimana meyakinkan partner bisnis kami untuk berbisnis lebih maju, baik, dan memiliki visi jangka panjang dibanding jangka pendek. Lalu, bagaimana memenangi bisnis dan merebut hati konsumen. Bagaimana cara mempertahankan agar tetap menjadi pemimpin pasar, bukan hal yang mudah,” Pierre menerangkan.

Namun, untuk menghadapi tantangan itu, pehobi basket dan badminton ini menghadapi sejumlah kendala. Pierre mencontohkan soal mengelola tim dalam jumlah banyak, maka dia dituntut untuk jeli dalam mengidentifikasi soft skill dan hard skill setiap individu yang dipimpinnya. Sebab, masing-masing individu memiliki kemampuan dan cara bekerja yang berbeda.

Dengan posisinya saat ini, tugas Pierre adalah mengelola distribusi produk di modern trade dan meningkatkan kualitas bisnis dengan mitra bisnis Frisian Flag. Selain itu, dia bertanggung jawab untuk mengembangkan bisnis secara top line. Hal ini meliputi pencapaian nilai bisnis dan pangsa pasar produk susu Frisian Flag. Juga, meningkatkan bottom line perusahaan, seperti income, profit, efisiensi, khususnya di pasar modern.

Tugas berat itu tidak membuat Pierre terbebani. Pria kelahiran Purwokerto 22 November 1981 ini tetap semangat melakoni pekerjaannya. Apalagi dia mencintai dunia susu. Dia tertarik dengan bisnis susu karena susu mendistribusikan nutrisi yang baik ke masyarakat Indonesia. Selain itu, Pierre menjadi konsumen susu Frisian Flag sejak kecil, sehingga ada bonding yang cukup erat dengan produk ini.

Jadi, kebetulan saja jika Pierre kecil sebagai konsumen Frisian Flag dan kini berkarier di perusahaan asal Belanda itu. Awal kariernya dia bekerja di PT Indonesia Printer sebagai asisten manajer untuk finishing dan delivery. Lalu, tahun 2006 sampai 2012 bergabung di PT Kao Indonesia dengan posisi terakhir key account manager. Dan, terhitung sejak Februari 2012 hingga sekarang berkarier di Frisian Flag Indonesia.

Nantinya saya ingin merek Frisian Flag menjadi solid dan nomor satu. Juga, ingin bersaing sehat dengan kompetitor, dan ingin lebih mengedukasi masyarakat tentang pentingnya minum susu,” ungkap peraih gelar S-1 Jurusan Teknik Industri Universitas Trisakti, dan Master Jurusan Manajemen Keuangan Universitas Gadjah Mada ini.

Eva M. Rahayu/Maria H. Azzahra

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)