Tiga Sekawan Menguak Pasar Izin Perusahaan

Erwin Arivianto SoerjadiErwin Arivianto Soerjadi, Yuki Tukiaty, dan Albert Goh pada 2015 mendirikan izin.co.id sebagai platform digital yang menyediakan berbagai layanan perizinan untuk pengusaha atau calon pebisnis yang ingin mendirikan perseroan terbatas (PT) dan commanditaire vennootschap (CV). Izin.co.id merupakan salah satu lini bisnis PT Voffice (Grup Voffice) yang membidangi penyewaan kantor virtual (virtual office) dan ruang kerja/kantor (serviced office).

Erwin mengatakan, pada tahap awal operasinya, izin.co.id memenuhi permintaan klien

yang ingin membuat legalitas mendirikan perusahaan. Izin.co.id telah membantu lebih dari 1.000 pengusaha untuk mendirikan perusahaannya di Indonesia. “Banyak permintaan klien untuk pembuatan perizinan perusahaan, sehingga kami menerima jasa untuk membuat legalitas perusahaan dengan bantuan dari pihak ketiga di kala itu,” ujar Erwin, co-founder izin.co.id, mengisahkan perjalanan bisnisnya.

Erwin dkk. mengintegrasikan layanan itu tanpa melalui bantuan pihak ketiga seiring dengan tingginya permintaan klien yang meminta aneka jasa permohonan legal lainnya, yakni pendaftaran merek, hak cipta, desain industri, dan permohonan hak paten. ”Agar permintaan klien lebih terkoordinasi dan ditangani lebih profesional,” tutur Erwin, lulusan S-1 Manajemen Ritel di Pollard Institute Melbourne, Australia.

Ketiga sahabat itu mencermati permintaan pengusaha yang menginginkan kemudahan dalam memproses izin usaha. “Proses perizinan di Indonesia membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tidak mudah, memerlukan konsentrasi dan fokus agar di kemudian hari tidak menjadi masalah. Biarlah ini menjadi bagian kami sehingga pengusaha bisa fokus pada hal-hal lainnya,” kata Erwin yang juga menjabat sebagai Dirut Grup Voffice.

Selain menyodorkan paket jasa pembuatan PT atau CV, izin.co.id juga menyediakan jasa pembuatan proses perizinan penunjangnya, seperti Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), izin impor, izin konstruksi, dan asistensi sistem perizinan berusaha terintegrasi atau online single submission (OSS).

Apabila merujuk daftar harga yang terpampang di izin.co.id, harga paket yang disodorkan ke konsumen itu bervariasi, seperti harga paket mendirikan PT dan CV yang berkisar Rp 4,9 juta-16,9 juta (plus layanan virtual office premium); pendaftaran merek, Rp 3,5 juta; pendaftaran hak cipta, Rp 1,8 juta-2,3 juta; pendaftaran desain industri, Rp 3 juta-3,7 juta; serta permohonan paten, Rp 3,5 juta-20 juta. Layanan itu diberikan oleh karyawan izin.co.id yang memiliki kompetensi sebagai konsultan mendirikan perusahaan. Mereka dibantu staf administrasi untuk memproses perizinan dan tim yang andal bernegosiasi di lapangan.

Untuk memberikan nilai tambah kepada konsumen, Erwin menawarkan kantor virtual dari Grup Voffice. “Kombinasi jasa pembuatan PT serta virtual office ini banyak digemari klien,” katanya. Target konsumen yang dibidiknya adalah semua kalangan pelaku usaha yang memerlukan legalitas, seperti perusahaan rintisan, usaha kecil dan menengah (UKM), atau perusahaan besar. Jasa ini dipromosikan di situs izin.co.id; Facebook dan Instagram; acara talkshow, seminar, dan workshop; serta secara getok tular dari konsumen yang merekomendasikan layanan izin.co.id. Berbagai strategi ini menopang laju bisnis izin.co.id di setiap tahunnya. “Pertumbuhan bisnis kami di atas 30% per tahunnya,” ujar Erwin.

Ke depan, Erwin bersama koleganya berencana mengembangkan jasa dan layanan izin.co.id sebagai platform digital yang inovatif serta mengikuti perkembangan zaman dalam membantu perizinan usaha bagi konsumen. (*)

Chandra Maulana & Vicky Rachman

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)