Jagoan Animasi Explainer dari Surabaya | SWA.co.id

Jagoan Animasi Explainer dari Surabaya

Kue bisnis digital yang terus mekar rupanya juga memikat tiga sekawan, Taufshwara Diasriandaru, Sundy Arma Nempung dan Aryo Sandi Yudo, untuk ikut membidiknya. Sejak Oktober 2013, mereka agresif mengibarkan startup berupa studio digital animasi 2D di Surabaya, bernama Jelasin.com. Layanan bisnisnya antara lain membuat video explainer animation untuk mempermudah startup dan pengelola bisnis dalam menyampaikan ide atau produk ke publik dan investor. Kini jumlah pelanggannya tak kurang 89 klien dengan 108 proyek, termasuk pelanggan dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat, Inggris, Italia, Jepang, Australia dan India.

Taufshwara Diasriandaru & Sundy Arma Nempung

Taufshwara Diasriandaru & Sundy Arma Nempung

Taufshwara dkk. sebelumnya memang aktif di dunia digital dan sudah lama saling mengenal. Sundy, misalnya, adalah sahabat lama dan sempat belajar animasi secara otodidak bersama. Mereka pernah menjadi asisten dosen mata kuliah Animasi karena kemampuan animasi mereka jauh di atas teman-temannya di Jurusan Desain Komunikasi Visual, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Taufshwara juga sempat bekerja di Detik.com.

Cerita ketiganya dimulai pertengahan 2013 ketika Taufshwara mencoba mendekati kawan-kawannya pemilik startup lokal untuk membuatkan animasi explainer dengan harga khusus. Ternyata, relasinya dari Shoop menanggapi positif hingga video hasil karya Jelasin.com bisa tampil di event-event seperti idbyte dan ideabox. “Dari sana, komunitas startup Indonesia mulai mengenal Jelasin.com,” ujar Taufshwara mengilas balik. Produk utama studio Jelasin.com berupa explanatory animation atau explainer animation.

Explainer animation adalah sebuah elevator pitch yang didesain dalam bentuk visualisasi animasi guna menjelaskan keistimewaan bisnis/produk dengan harapan siapa pun yang melihatnya akan tertarik. Durasi animasi biasanya 60-90 detik. Kalangan komunitas startup sangat familier dengan istilah elevator pitch karena para founder membutuhkannya untuk menjelaskan bisnisnya ke kalangan calon investor atau mitra bisnis. “Explainer animation bisa ditampilkan di homepage di bagian paling atas, juga bisa digunakan sebagai video ads, atau ditampilkan di event pameran. Bahkan, bisa dipakai sebagai alat bantu saat pitching,” kata Taufshwara seraya menambahkan, target pasarnya mulai dari kalangan startup hingga korporasi mapan.

Klien dalam negeri Jelasin.com di antaranya Sribu, Solutalk, ScoopNews, Terminal Petikemas Surabaya dan Telkomsel. Adapun klien luar negerinya antara lain Designclue dari Jepang dan Grayns dari Malaysia. Harga paketnya terdiri dari seed package sebesar US$ 500 per 60 detik, startup package US$ 1.000 per 60 detik, dan corporate package US$ 2.000 per 60 detik.

Taufshwara menjelaskan, umumnya klien lokal datang karena sudah tahu manfaat produknya dari pelanggan lain. Sementara klien dari luar negeri umumnya tahu dari website dan proyek-proyek Elance dan oDesk — platform freelance global.

Taufshwara dkk. merasa senang bisnisnya terus meningkat pesat. Revenue tahun lalu sudah bisa di angka Rp 380 juta. “Tahun 2016 target naik 250%,” kata Taufshwara. Namun, mereka tak serta-merta merasa berpuas diri. Selain akan meluncurkan beberapa layanan baru, mereka juga sedang mengkaji kemungkinan membuka perwakilan di Jakarta, Singapura, Filipina, Malaysia, Turki dan Australia. “Kami sudah ada partner di Singapura yang membantu penjualan,” ujarnya. Ini artinya Jelasin.com siap terbang lebih tinggi, siap melahap kue digital lebih banyak.(*)

Sudarmadi & Jeihan Kahfi Barlian

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
ASRI Percantik MOI, Fesyen Diperkuat

Agung Sedayu Retail Indonesia (ASRI) merenovasi besar-besaran Mall Of Indonesia (MOI). Tujuannya untuk menjadikan MOI sebagai neighbourhood mall yang mampu...

Close