Jurus Anwar Sodik Besarkan CreActive Indonesia

Kerap gagal membangun bisnis tidak menyurutkan semangat Anwar Sodik untuk menjadi wirausaha. Pria kelahiran 1991 ini membuat perusahaan rintisan (startup) di bidang TI bernama CreActive Labs, di bawah payung CV CreActive Indonesia. Perusahaan ini menyediakan jasa pembuatan aplikasi games, website, software, dan sebagainya. Sebelum mendirikan CreActive Labs, alumni Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya ini pernah tujuh kali gagal membangun bisnis. Sejak di bangku kuliah S-1, Anwar sudah mencoba berbisnis kecil-kecilan. Ia juga pernah mencoba mendirikan bisnis e-commerce. “Kegagalan itu tidak pernah membuat saya menyerah,” katanya tandas.

Anwar Sodik Kali ini, nasib baik berpihak padanya. Hingga saat ini, bisa dikatakan bisnis CreActive Labs sudah sangat berkembang. Didirikan pada 2015, perusahaan Anwar ini telah dipercaya menangani proyek-proyek besar, antara lain sistem perizinan online KP3M Kabupaten Temanggung, serta sistem e-recruit, e-report dan website Mien R. Uno Foundation (MRUF).

Pemanfaatan sistem berbasis TI buatan CreActive Labs pun cukup nyata. Misalnya, di MRUF, sistem buatan CreActive Labs telah membantu lembaga nonprofit tersebut meningkatkan jumlah pendaftar beasiswanya. Dalam hal ini, membantu menyederhanakan proses seleksi beasiswa yang tadinya berbelit-belit menjadi ringkas. Anwar menggunakan algoritma tertentu sehingga calon penerima beasiswa tidak perlu lagi mengunduh dokumen, serta mengisi dan mengirimnya secara manual lewat surat elektronik. Tak hanya itu, ujian tertulis pun kini tidak perlu lagi tes tertulis manual. “Kerepotan-kerepotan seperti itu yang tadinya membuat orang enggan mendaftar,” katanya.

Ketertarikan Anwar pada segala sesuatu yang berbau teknologi sebenarnya sudah muncul sejak kecil. Ia menceritakan, di masa kanak-kanaknya, ayahnya membelikan PC MMX 233 MHz. Ia sangat terpukau bisa memainkan game PlayStation (PS) di komputer dengan menggunakan emulator. “Di saat teman-teman sebaya saya bermain PS di konsol, saya memainkan game PSX di PC,” katanya mengenang.

Kini, di CreActive Labs Anwar mengaku sangat menikmati proses menemukan inovasi yang bisa bermamfaat bagi klien. Dalam satu bulan, biasanya CreActive bisa mengerjakan 2-3 proyek kecil dan satu proyek skala menengah atau besar. Namun, ia tak sendiri dalam menggerakkan CreActive Labs. Tim intinya terdiri dari Agus F. Prayogo (co-founder), Widianto D.P. (Head of Visual Design) , dan Fawwaz Hilmi (Head of Game Development). Selain ketiga orang itu, CreActive Labs juga dibantu beberapa staf programming.

Menyinggung kolaborasinya dengan MRUF, Anwar mengaku mengenal lembaga ini lantaran pernah mendapatkan beasiswa pada periode Agustus 2013-Juni 2014. “Ketika lulus dari sana, saya menawarkan sistem tersebut,” ungkapnya. Namun, ternyata tawarannya tak langsung diterima. ”Baru diterima di tahun 2016.”

Cindy Dayana, Program Officer MRUF, mengaku puas menggunakan jasa CreActive Labs. Perusahaan ini dinilainya mampu menerjemahkan kebutuhan yayasannya dalam suatu program TI. Dari tiga hal yang telah dibuat CreActive –website, Online Reporting System, dan Online Recruitment System– setiap tahun ada kemajuan yang diperoleh. “Mereka memegang semua program kami dan selalu di-update enam bulan sekali,” katanya.

Karena hasilnya memuaskan, rencananya akan ada kerjasama tambahan, yaitu pengembangan sistem MRUF-Connect. Rencananya ini akan menjadi marketplace platform, yang akan berjalan di sistem Android dan iOS. “Saran saya ke depan, SDM-nya perlu ditingkatkan, dari segi jumlah maupun pengembangan keahliannya,” kata Cindy. “Hal ini penting supaya bila ada yang resign, tidak perlu penyesuaian lagi,” ia menambahkan.

Kegigihan Anwar mengejar klien merupakan salah satu kunci sukses CreActive Labs. Sebagai pendiri, ia percaya bahwa menjaga hubungan baik merupakan keharusan dalam berbisnis, selain menghadirkan produk yang berbeda.

Di tahun 2017, beberapa langkah strategis telah dilakukan CreActive. Salah satunya, memisahkan (spin off) Divisi Game & Hardware Development dari CreActive Labs menjadi unit sendiri yang disebut CreActive.

Dalam jangka panjang, Anwar berharap CreActive Labs bisa menjadi perusahaan terdepan di Indonesia dalam bidang pengembangan peranti lunak. Juga, bisa membantu semakin banyak perusahaan meningkatkan bisnis mereka di masa depan. (*)

Ananda Putri & Anastasia Anggoro Sukmonowati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Axa Mandiri Salurkan Dana Tabarru Rp 642 Juta ke Baznas

PT Axa Mandiri menyerahkan sebagian surplus kumpulan dana para pemegang polis syariah (underwriting) atau dana tabarru kepada Badan Amil Zakat...

Close