Kejelian Marshela Andra Geluti Bisnis Rental Peralatan Bayi

Marshela Andra Krista Dhani & Imanuel Suranta Tarigan, owner Zaida Rental
Marshela Andra Krista Dhani & Imanuel Suranta Tarigan, owner Zaida Rental

Bisnis bisa dimulai dari menyelesaikan masalah terdekat yang kita alami. Hal itu sudah dibuktikan Marshela Andra Krista Dhani (28 tahun) yang kini menggeluti bisnis penyewaan (rental) perlengkapan bayi dan mainan anak-anak.

Awalnya, Marshela dan suaminya, Imanuel Suranta Tarigan, menghadapi masalah pengadaan perlengkapan bayi untuk anaknya. Mereka ingin membelikan perlengkapan bayi yang bermerek dan berkualitas bagi anak bayinya, tetapi memikirkan harganya yang terlalu mahal. Di sisi lain, waktu pemakaiannya pun hanya sebentar. Untuk jenis baby walker, misalnya, biasanya digunakan hanya saat anak belajar berjalan (1-2 dua bulan pemakaian). Juga, alat permainan anak-anak yang harganya mahal-mahal, biasanya, ketika sudah dibelikan, anak-anak gampang bosan hingga tidak dimainkan lagi --belum lagi, memakan tempat dalam penyimpanan.

Untuk itulah, pada Juni 2017 Marshela memulai usaha penyewaan perlengkapan bayi dan mainan anak-anak. Awalnya, suaminya tidak yakin dengan prospek bisnis ini. “Emang ada yang mau sewa-sewa gitu?” kata Marshela menirukan ucapan sang suami. Akhirnya, suaminya memberikan tantangan kepadanya, akan menambah modal untuk membeli beberapa unit tambahan jika Marshela bisa meningkatkan jumlah pelanggan.

Ternyata, Marshela berhasil menjawab tantangan itu sehingga suami menambahkan dua unit gendongan bayi. Awalnya, sang suami tidak setuju Marshela membeli gendongan seharga televisi karena dianggap terlalu mahal.

Marshela memulai usaha rental dengan modal awal hanya berupa empat unit perlengkapan bayi milik sendiri yang pernah dipakai anaknya, yakni stroller, cukur rambut bayi, kolam baby spa, dan gendongan. Sampai kemudian pada Juli 2018, ketika suaminya terkena program pengurangan karyawan di kantornya, sebagian paket pesangon, senilai Rp 30 juta, digunakan sebagai tambahan modal untuk mengembangkan usaha rental. Usahanya ini ia namakan Zaida Rental. Zaida daimbil dari bahasa Arab yg artinya “beruntung”.

Sejak awal merintis usaha, Marshela berbagi peran dengan suami. Ia bertugas di bidang pemasaran, membuat laporan kuangan, dan menangani pelanggan secara langsung. Adapun suaminya mengurusi pergudangan dan pengiriman barang untuk barang ukuran besar. “Saya juga yang mengajak ibu-ibu yang memiliki perlengkapan bayi atau mainan untuk dititipkan ke kami atau yang disebut penitip sewa. Nantinya kami bagi hasil sebesar 50:50 jika ada yang menyewa," kata wanita lulusan SMA yang sejak SMP sudah biasa berlatih berbisnis sendiri ini.

Untuk menyukseskan bisnisnya, Marshela menggunakan media sosial Instagram untuk memperlancar pemasaran. Ia berusaha membuat konten menarik bukan hanya mengenai produk jasa yang ditawarkan, tetapi juga konten informatif mengenai parenting dan mainan. Termasuk, memberikan program-program promosi seperti free ongkir dan diskon. Sesekali juga memberikan sponsor berupa playground area untuk event-event tertentu. Ia memang telah bekerjasama dengan sejumlah event organizer. Tujuannya, jika ada acara, mereka akan menghubungi Zaida Rental bila membutuhkan playground untuk pendukung acara.

Dengan kegigihannya, kini Zaida Rental sudah memiliki 230-an unit perlengkapan yang disewakan dan setiap bulan ada 200-300 unit yang tersewa. Harga sewa bervariasi, dari Rp 50 ribu hingga Rp 750 ribu untuk pemakaian pribadi. Contohnya, stroller pockit, harga untuk sewa satu minggu Rp 150 ribu, dua minggu Rp 250 ribu. Harga Rp 750 ribu per hari biasanya untuk event dengan maksimal 8 jam. Adapun harga paketan playground minimal Rp 1 juta untuk empat unit mainan. “Saat ini juga sudah ada 30 orang yang menitipsewakan unitnya di kami dan setiap orang rata-rata menitipkan 1-5 unit barang,” kata Marshela.

Omset bulanan Zaida Rental saat ini rata-rata Rp 30.000.000, tergantung pada banyaknya event di bulan tersebut. Pada Maret 2019, misalnya, pihaknya mendapat proyek dari event BBW Jakarta untuk menyediakan fasilitas berbayar selama 12 hari dan berhasil meraih omset dari event sekitar Rp 260 juta. Jangan heran, kini suami Marshela pun ikut fokus mengurusi bisnis rental lagi, tak bekerja di tempat lain. Kini mereka mempekerjakan tiga karyawan untuk mengurusi layanan pelanggan, gudang, dan kurir. (*)

Sudarmadi & Sri Niken Handayani

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)