Mobile Games Developer War 4, Milestone Agate di Industri Game Developer

Setelah sukses menyelenggarakan Mobile Games Developer War 4 Rookie (MGDW 4 Rookie), Agate Studio bekerjasama dengan Nokia Developer dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia kembali menggelar kompetisi pembuatan game berplatform Nokia Full Touch. Bertajuk MGDW 4 Full Touch Open Championship, kompetisi ini dibuka untuk umum.

Nominator Mobile Games Developer War 4 Nominator Mobile Games Developer War 4

Agate Studio merupakan salah satu start-up yang mulai serius menggarap industri game tanah air. Bermarkas di Bandung, pemenang kompetisi start-up USAID iMulai 3.0 ini berkembang pesat dan menjadi salah satu game developer terbaik Indonesia dengan menciptakan lebih dari 101 games di berbagai platform. Salah satu programnya yang sukses adalah MDGW 4 Rookie yang mengangkat developer pemula. Berikut wawancara reporter SWA, Tika Widyastuti dengan Yunita Anggraeni, PR MDGW 4.

Apa yang melatar belakangi diselenggarakannya MGDW 4 Rookie saat itu?

Banyaknya potensi yang luar biasa dari teman-teman mahasiswa maupun yang masih sekolah dalam membuat game! Kita tahunya darimana? Sering kali kami mengadakan seminar workshop tentang game developer, banyak mahasiswa yang ikutan dan bikin game dengan hasil yang bagus dengan belajar hanya dalam waktu singkat. Namun, mereka rata-rata belum punya akses yang kuat untuk belajar bikin gamenya. Kompetisi ini awalnya inisiatif dari Nokia bersama Agate, sekarang sudah keempat kalinya digelar dan di MGDW 4. Kali ini kita semakin berkomitmen ingin memberikan akses yang lebih mudah untuk para pemula yang kita sebut generasi baru ini untuk mengenal industri game lebih dalam, kita memberikan pelajaran cara membuat game dengan baik sehingga kemampuan mereka yang sudah ada ini bisa terasah.

Apa peran Nokia dan Agate dalam acara tersebut?

Nokia sebagai pendukung dan inisiator dalam MGDW 4 Rookie ini. Agate sebagai tim publishing membantu Nokia dan para peserta untuk membimbing para peserta dalam proses kompetisinya sehingga peserta mendapatkan pengalaman terbaik dalam membuat game yang bagus.

Bagaimana antusiasme peserta?

Dari tahun ke tahun semakin meningkat. MGDW 3 terkumpul 93 tim, sedangkan MGDW 4 terkumpul 253 tim. Belum lagi waktu itu kami sempat buka Online Camp dimana siapapun bisa belajar game gratis via online dan ada 654 orang yang ikut Online Camp. Luar biasa banget pokonya! Oya, para peserta juga menunjukkan antusiasmenya di forum MGDW4 dengan selalu mengajukan pertanyaan seputar game development.

Bagaimana proses hingga diperoleh satu pemenang Rookie of The Year?

Intinya mereka melengkapi sebuah Document Design dari segi art, teknis dan gameplay. Kemudian mereka diminta membuat game versi prototype, alpha, beta kemudian versi rilis. Setelah itu game versi rilisnya di-submit ke Nokia Store. Selama prosesnya semua peserta diberikan feedback oleh tim Agate Studio untuk improvement mereka sehingga mereka dapat membuat game yang terbaik yang mereka bisa. Mereka bisa tanya jawab juga dengan tim Agate.

Siapa yang menjadi pemenang? Mengapa?

Tim Solite Studio dengan gamenya Sakera Math dair Bangkalan, Madura. Selain game dari segi art, game play dan teknis atau performanya bagus. Timnya pun solid dan gigih, itu yang menjadi modal utama untuk bertahan di industri game yang sebenarnya. Cerita perjalanan mereka sangat inspiratif, rencananya saya akan buat artikel in-depth sendiri tentang perjalanan mereka.

Screen-shoot Sakera Math Screen-shoot Sakera Math, pemenang MGDW 4 Rookie

Dari acara ini, bisa disimpulkan bagaimana potensi bisnis game ke depan?

Banyak talenta yang memiliki kemampuan yang luar biasa di industri ini. Sudah saatnya Indonesia bukan hanya menjadi pasar dalam industri game. Kita bisa menjadi "pemain" dan berjaya di negeri sendiri. Diharapkan orang tua juga mengerti akan potensi bisnis yang luar biasa pada game, sehingga ketika anaknya main game, bukan hanya menegur tapi mengarahkannya untuk belajar membuat game bahkan mendukung mereka yang sudah terjun ke industri game.

Tantangan apa yang dihadapi industri game saat ini dan di masa mendatang? Bagaimana menghadapinya?

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Indonesia masih menajdi pasar yang empuk bagi industri game, padahal kita memiliki potensi yang tidak kalah jauh dengan negara lain. Sudah saatnya kita bangkit dan ikut mendukung pertumbuhan industri game, dengan harapan dukungan ini pun datang baik dari pemerintah, perbankan, media, maupun masyarakat.

 Apa tips n trik dari Agate untuk mereka yang ingin serius di dunia game sebagai sebuah industri dan bisnis?

Always Live the Fun Way! Itulah yang menjadi visi Agate, menjalani kehidupan sehari-hari dengan mindset yang benar, karena kita memiliki passion yang kuat di bidang games yang menjadi modal utama menjaga kelangsungan Agate hingga sekarang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)