Pentolan Amazon Web Service Beberkan Trik Memulai Bisnis

Dewasa ini entrepeneurship ala StartUp ramai dibicarakan. Meski begitu tak banyak StartUp yang menuai kesuksesan. Bahkan tak sedikit StartUp yang menyerah setelah babak-belur digerus dunia bisnis teknologi.

Berangkat dari pengalaman itulah Simone Brunozzi membagi tipsnya pada ulang tahun kedua #StartUpLokal. Pria Itali yang sudah empat tahun di Amazon Web Service (AWS) ini juga mengajak audiensnya untuk melakukan simulasi bisnis.

Di awal acara panitia membagikan selembar kertas dan pulpen. Oleh Simone, peserta diminta menuliskan ide bisnis, model bisnis, dan produk pada kertas tersebut. Selanjutnya mereka harus mampu menjual produk itu kepada peserta lain. Semua itu dilakukan hanya dalam lima menit.

Meski tak banyak yang berhasil menjual 'produk'nya, simulasi ini cukup menarik. Simone pun memberi contoh bagaimana ia menjalankan simulasi tersebut. Ia menjual serifikat Cloud seharga sepuluh ribu rupiah. Meski hanya simulasi, tiket tersebut berhasil dibeli oleh salah satu peserta #StartUpLokal. Melalui simulasi tersebut, Simone mengajarkan para StartUp untuk tidak menghindari kegagalan, melainkan menghindari sakit karena gagal.

Hal pertama yang harus dilakukan pemula bisnis adalah mendalami apa yang menjadi passion-nya. Ia juga harus tau masalah apa yang ia selelsaikan dan nilai yang ditawarkan. Lebih dari itu, terlalu jatuh cinta dengan ide tersebut harus dihindari karena akan menutup peluang untuk mengembangkan ide yang lebih baik.

Langkah berikutnya adalah melakukan riset pasar. Langkah ini sangat penting untuk mengetahui ukuran pasar dan potensinya.

“Riset pasar sangat penting untuk menakar apa yang diinginkan pasar dan seberapa besar potensi pasar. Kalau tidak tahu tentang riset pasar, setidaknya ambil beberapa orang, cek apakah produk kita bisa menarik minat mereka,” terang Simone.

Membuat model bisnis merupakan langkah selanjutnya yang harus dilakukan saat memulai bisnis. Ia harus mampu menyampaikan model bisnisnya kepada calon konsumen dan menangkap nilai bisnis dari model tersebut. Setelah itu smoke test bisa dilakukan.

Untuk melebarkan sayap bisnis, seorang pelaku bisnis punya setumpuk daftar pekerjaan antara lain mencari partner dan ekosistem yang sesuai. Bila perlu, ia harus memiliki supplier yang dapat dipercaya. Marketing, sales, dan hubungan dengan media juga perlu dijalankan. Setelah itu barulah pelaku bisnis ini bisa merambah pasar global.

Simone menegaskan, pasar global semestinya tidak menjadi titik bagi perjalanan bisnis. Mencari investor untuk meningkatkan pendanaan juga harus dilakukan agar bisnis semakin berkembang.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)