Program 1000 Startup Luluskan 33 Startup di Tahap Pertama

Kementerian Komunikasi dan Informatika menampilkan deretan startup yang lulus dari program Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Ada sebanyak 33 startup yang lulus di tahap pertama yang berlangsung di tiga kota tersebut (Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta).

Chief Executive Kibar, Yansen Kamto, memaparkan, mereka semua berhasil lolos mengalahkan lebih dari 2000 peserta yang yang sebelumnya mendaftar. “Sebanyak 33 start-up tersebut telah melewati berbagai proses seperti hacksprint bootcamp dan inkubasi,” ia menuturkan.

Dari tahapan tersebut, di Jakarta lahir 13 startup yang fokus pada bidang pendidikan, jasa, olahraga, dan budaya. Sementara, di Surabaya muncul 10 startup unik di bidang pengelolaan kegiatan atau acara, peternakan, jasa, hingga situs pencarian jodoh. Kemudian, di Yogyakarta, tercipta 10 startup yang tergerak untuk memecahkan masalah di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, periklanan, lingkungan, dan karir.

Dari keseluruhan startup yang telah menyelesaikan tahap inkubasi, dipilih 13 startup yang mendapat kesempatan mengenalkan inovasi mereka di acara Demo Day yang hari ini digelar di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Mereka akan bertemu langsung dengan seluruh stakeholder seperti kalangan pemerintah dan invesntor dan juga media.

Yasen Kamto

Yansen Kamto, Pendiri Kibar Kreasi

Gerakan Nasional 1000 Startup sendiri merupakan sebuah program hasil inisiasi dari KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tujuan diadakannya gerakan ini ialah untuk mewujudkan The Digital Energy of Asia di 2020. Gerakan ini telah hadir di 10 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Medan Makassar, Denpasar serta Pontianak.

Berikut 13 start-up yang mengikuti ajang demo day

Jakarta
1. Ajarin
Ajarin adalah sebuah layanan aplikasi mobile untuk membantu orang tua dalam menemukan, mengembangkan, dan menyalurkan bakat anak umur 4-15 tahun.
2. Panggilin
Panggilin adalah marketplace jasa on demand (C2C) yang mempertemukan antara pengguna dan penyedia jasa di sekitar (location based).
3. Goodjob
Sebuah platform yang membantu korporasi untuk perawatan dan perbaikan barang rusak dengan kepastian harga dan kualitas ahli perbaikan yang terjamin.
4. Roo
Aplikasi monitoring kesehatan untuk anak di bawah usia enam tahun yang diciptakan untuk orang tua agar dapat terus memantau tumbuh kembang anak.
5. Xparring
Platform yang dapat mencari lawan tanding untuk berolahraga khususnya bulu tangkis. Xparring berharap mampu mencetak weekend warrior atau orang-orang yang berolahraga di akhir pekan.

Surabaya
1. Agenda Kota
Agenda Kota adalah platform event yang mempertemukan penyelenggara dengan peminat dalam satu wadah yang dapat memudahkan mereka dalam berbagi informasi seputar event.
2. Karapan
Karapan merupakan online community dan partnership platform yang membantu peternak sapi rakyat dalam pengelolaan manajemen peternakan, manajemen pemasaran sapi dan daging serta permodalan peternakan.
3. Jahitin
Jahitin adalah sebuah platform jahit khusus kebaya, dress, dan batik dengan transaksi yang lebih mudah dan efisien.
4. Qtaaruf
Qtaaruf merupakan sebuah platform yang membantu para muslimin dan muslimah Indonesia menemukan belahan jiwanya melalui proses taaruf sesuai dengan ajaran agama Islam.

Yogyakarta
1. Sweep
Sweep adalah aplikasi last-minute-deals untuk promo instan yang menghubungkan F&B Business dengan calon pelanggan secara seketika.
2. Kooliah
Kooliah adalah aplikasi yang memungkinkan calon mahasiswa belajar mata kuliah sesuai jurusan secara online dan bimbingan mendapat beasiswa.
3. Adsiconic
Adsiconic merupakan sebuah platform interaktif dalam periklanan kendaraan dalam memanfaatkan teknologi QR Code dan tracking untuk mendapatkan kampanye iklan yang lebih efektif.
4. FatAway
FatAway adalah aplikasi yang membantu mengatasi permasalahan kelebihan berat badan dengan menghitung kalori makanan dan mencatat perkembangan diet yang dilakukan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Prudential Luncurkan Asuransi Rawat Inap Syariah

Tahun ini PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) memasuki tahun kesepuluh beroperasi di segmen asuransi jiwa syariah sejak tahun 2007....

Close