Rayakan Ulang Tahun, 16 Startup Lokal Unjuk Gigi

Dua tahun sudah startup lokal meramaikan dunia teknologi informasi di Indonesia. Di ulang tahunnya yang kedua, 16 startup lokal melakukan pitching di hadapan 5 dewan juri.

Startup Lokal yang berasal dari Indonesia, Singapura, dan Malaysia ini dinilai oleh Sarim Aziz dari RIM, Danny Wirianto dari Mindtalk, Mohan Belani dari e27, Simone Brunozzi dari Amazon Web Services, dan Kevin Mintaraga dari Magnivate Group.

 

Peserta pitching memiliki ide yang bervariasi. Adalah Bistip, Gobann dan KirimPaket, startup yang membuat semacam pasar online. Bedanya, Bistip menghubungkan satu pengguna ke pengguna lain yang hendak melakukan perjalanan lintas negara. Mereka kemudian bebas melakukan transaksi seperti titip oleh-oleh dari negara tersebut.

Ada pula Gobann yang mengambil konsep serba Rp 50.000 dan KirimPaket dengan ide bisnis kargo online. Selain itu, hadir pula AppsChef yang membuat aplikasi perhitungan sumber daya manusia suatu perusahaan secara otomatis dan Tandif, layanan moderasi untuk email dan SMS.

Bagi penggemar perjalanan dengan tarif murah, adalah Tourexplora sosial media yang membantu membuat rencana perjalanan berbiaya rendah. Bagi yang menyukai kuliner, dua StartUp yang patut dilirik adalah Klik-Eat dan HelloGoodBuy. Klik-Eat menonjolkan layanan pemesanan makanan secara online, sedangkan HelloGoodBuy lebih pada situs iklan yang membantu merchant mengatur order tepat waktu. Selain itu hadir pula Squiryl yang terkonsentrasi pada program loyalitas pelanggan.

Kark dan Eductory adalah dua produk StartUp bidang pendidikan. Kark dengan kartu Augmented Reality (AR) menembak pasar anak-anak yang gemar bermain gadget. Eductory adalah produk StartUp yang menghubungkan orang tua dan lembaga pendidikan. Situs ini memberi ruang para orang tua untuk memperoleh informasi lembaga pendidikan yang baik untuk putra-putri mereka baik dari lembaga terkait maupun testimoni orang tua lainnya.

Berbeda dengan yang lainnya, adalah situs iklan yang membantu memperoleh hadiah unik yaitu Fokado dan Volpen yang mengkolaborasi penulisan fiksi. Selain itu ada juga cr.my yang membantu perusahaan membuat kuis untuk suatu brand dan TaxiMonger, layanan pesan dan review taksi pada ponsel serta website. Pitching terakhir pada Sabtu 7 April 2012 dibawakan dari Updaterus, sosial media yang mengapresiasi kecantikan dan inspirasi dari wanita.

Dari 16 startup, Klik-Eat memperoleh nilai tertinggi. Tak hanya menjadi sorotan investor, Klik-Eat juga memperoleh BlackBerry dari produsennya, RIM.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)