Tiga Syarat Amerika Dukung Start Up Indonesia

Setelah diumumkan pemenang iMulai Mei lalu, Amerika Serikat nampaknya belum puas menyokong technopreneur Indonesia. Melalui tiga pilar sebagai kunci utama, Kedutaan Besar Amerika dan US-AID mendukung pertumbuhan entrepreneur di Indonesia.

Amerika termasuk salah satu negara yang memiliki beberapa program untuk membantu meningkatkan jumlah entrepreneur Indonesia. Dalam memberikan bantuan, ada tiga hal yang selalu menjadi perhatian utama.

Glenn E. Andres, US AID Mission Director untuk Indonesia

"Wanita, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta aliansi dan kemitraan," Glenn E. Anders menjelaskan tiga hal yang dimaksud. Menurut US AID Mission Director untuk Indonesia ini, sektor teknologi informasi dan komunikasi atau ICT (Information and Communication Technology) akan terus jadi perhatian dan prioritas.

"Tiga tahun belakangan Indonesia menempatkan ICT sebagai prioritas. Kami mendukung hal tersebut terutama untuk transformasi ekonomi tradisional menjadi higher-technology economy," katanya.

Tahun 2011, 52% pengeluaran pasar tumpah di sektor ICT. Diperkirakan tahun ini sebanyak US$ 6 miliar akan terserap oleh pasar ICT. Dari sini Glenn menilai kesempatan memasarkan produk ICT akan semakin terbuka.

"Tak kurang dari 30 juta UKM Indonesia belum menyentuh ICT dalam proses bisnis mereka sehari-hari. Ini akan jadi pasar sekaligus peluang besar yang menjanjikan kesuksesan," ungkap Glenn dalam diskusi iMulai Jumat 6 Juli 2012.

iMulai adalah program inkubasi entrepreneur Indonesia yang diselenggarakan Microsoft dan US AID. Program tersebut dikhususkan pada entrepreneur dari dunia start-up digital. Tak hanya memperoleh paket software tradisional senilai US $ 300, para pemenang iMulai pun terus dimonitor kemajuan bisnisnya. Barangkali inilah salah satu keunggulan program inkubasi dari Amerika termasuk melalui Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) dan Global Innovation through Science and Technology (GIST).

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)