Dulux, Menggarap Pengalaman Pelanggan dari Multistakeholder

Pada survei ICX Index yang dilaksanakan Business Digest-SWA tahun ini, Dulux tetap menjuarai kategorinya dalam hal kemampuan membangun customer experience terbaik ke pelanggan. Perusahaan pemasarnya, PT ICI Paints Indonesia, memang menggarap brand Dulux secara serius dalam hal membangun pengalaman pelanggan.

Terlebih, Dulux memang menyasar pasar cat premium, golongan menengah-atas dari B hingga A+, di kota-kota besar. “Tipe konsumennya, mereka tidak hanya mementingkan cat tetapi juga estetika dan tren yang berlaku,” kata Niluh Putu Ayu, Head of Marketing PT ICI Paints Indonesia.

Pelanggan yang menjadi stakeholder Dulux ini cukup banyak dan mereka semua harus diperhatikan agar memiliki hubungan mengesankan ke brand. Selain membangun komunikasi yang baik dengan pemilik rumah (home owners), juga dengan tukang cat (painters) serta para profesional seperti arsitek dan desainer interior.

“Kepada stakeholder-stakeholder itu, kami berbicara dengan cara yang berbeda tetapi tujuannya sama, yaitu memberikan ketenangan hati bagi konsumen ketika memilih Dulux," ungkap Niluh.

Dengan painters, misalnya, di setiap produk Dulux yang digunakan, mereka akan mendapatkan reward dari berapa banyak hasil produk yang di-scan dari produk-produk Dulux yang sudah dipakai. Poin yang telah dikumpulkan dalam periode tertentu nantinya bisa ditukarkan dengan kebutuhan mereka sehari-hari.

ICI Paint punya membershhip dan kemitraan bernama Mitra Dulux, beranggotakan para tukang cat. Kini ada lebih dari 15 ribu anggota di seluruh Indonesia.

Kemudian, untuk para profesional, biasanya pengelola Dulux memberikan edukasi. Misalnya, mengenai human-centric design yang memang berguna bagi arsitek atau hal lain yang bisa meningkatkan skill mereka.

Bahkan, pada tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19, pernah bekerjasama dengan tukang cat hingga memberangkatkan mereka umroh ke Tanah Suci. “Karena, kami menyadari bahwa home owner itu akan dipengaruhi para tukang cat dan influencer, para professional bidang pengecatan itu,” kata Niluh.

Yang berhubungan langsung dengan user (home owner), ICI Paint memiliki aplikasi Dulux Visualizer. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memilih warna yang dicocokkan dengan furnitur di rumahnya. Konsumen bisa melihat secara keseluruhan sebelum masuk ke toko cat untuk membeli warna tertentu.

Halaman Selanjutnya
“Di masa pandemi ini, banyak...
Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)