Evalube, Rejuvenasi Merek untuk Perkuat Positioning

Presdir WGI Meinarko Dananto.
Presdir PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI), Meinarko Dananto.

Untuk ke-9 kalinya, Evalube mampu mempertahankan gelar sebagai yang terbaik di kategori pelumas motor dalam peringkat Indonesia Original Brands 2020. Produk oli motor ini diproduksi dan dimiliki oleh PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI).

WGI merupakan pabrik pelumas swasta pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas lube oil blending plant sendiri, yang diresmikan pada 4 Maret 1996 di Cibitung, Cikarang Barat, Jawa Barat. Pada 1997 WGI mulai memproduksi pelumas dengan merek Evalube yang dikembangkan bekerjasama dengan para ahli teknik mesin dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Kini, kapasitas produksi pabrik WGI adalah 120.000 MT pelumas per tahun.

        Menurut Presdir WGI Meinarko Dananto, pada Juli tahun ini, Evalube baru saja melakukan brandrejuvenation dengan meluncurkan “Kemasan Baru, Kekuatan Baru”. Langkah rejuvenasi ini bertujuan memperkuat positioning Evalube sebagai pelumas asli Indonesia yang diproduksi oleh anak negeri.

        Kekuatan baru yang dimaksud, menurut Meinarko, berupa penyempurnaan formula yang disebut Veltec with Clean Shield Formula dalam kemasan baru. Hal ini juga menggambarkan positioning baru, yaitu Evalube oli asli Indonesia berkualitas dengan harga yang kompetitif. “Dengan formulasi ini, kami bisa menghadirkan oli yang dapat membantu meningkatkan performa kendaraan dan memberikan perlindungan terbaik bagi mesin kendaraan,” katanya.

        Formula khusus yang disebut teknologi Veltec merupakan penyempurnaan dari formula sebelumnya yang telah diuji oleh lembaga independen, yakni LAPI-ITB, pada 2014. Penyempurnaannya pada fungsi detergency dan dispersants tanpa mengurangi fungsi lain dari pelumas itu sendiri, sehingga diklaim mampu membersihkan mesin dengan lebih baik.

        Produk Evalube terbagi menjadi dua segmen besar, yaitu retail automotive dan commercial industry. Segmen otomotif ritel terbagi lagi menjadi dua, yaitu pasar roda dua dan pasar roda empat. Meinarko mengklaim bahwa Evalube saat ini memiliki pangsa pasar terbesar di segmen roda dua, dan saat ini terus mengembangkan pasar roda empat, serta pasar industri komersial.

        Evalube kini mempunyai 30 distributor di segmen otomotif ritel dan 13 distributor di segmen industri komersial. Untuk industri komersial, Evalube juga memiliki jalur distribusi direct selling, termasuk untuk kalangan key account customer.

        Menurut Meinarko, saat ini Evalube menguasai pangsa pasar sekitar 9% untuk pasar pelumas otomotif ritel dengan komposisi penjualan 70% di roda dua dan 30% di roda empat. “Mulai tahun lalu, kami juga sudah merambah pasar industri komersial dengan langkah lebih agresif,” katanya.

        Untuk menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan, Meinarko menyebutkan ada empat poin penting yang diperhatikan pihaknya, yaitu kualitas produk, kesesuaian harga dengan kualitas, ketersediaan produk, dan image merek produk itu sendiri. “Empat hal ini harus menjadi satu-kesatuan strategi yang tidak terpisahkan,” ujarnya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)