Brands zkumparan

Federal Oil, Kembangkan Merek Lewat Digitalisasi

Federal Oil, Kembangkan Merek Lewat Digitalisasi

Federal Oil kembali menempati posisi teratas di kategori Minyak Pelumas Motor Matic dalam survei IBBA 2021. Hasil ini mengantarkan merek pelumas produksi PT Federal Karyatama (anak usaha ExxonMobil) tersebut meraih Golden Awards karena sudah tiga kali berturut-turut menjadi jawara di kategori ini.

Berdasarkan survei IBBA 2021, Federal Oil cukup menonjol dalam hal TOM Ad, TOM Brand, dan Brand Share (Brand Used Most Often), mengungguli merek lainnya. Brand value Federal Oil juga meningkat dari raihan tahun sebelumnya.

Prestasi ini tidak terlepas dari upaya Federal Oil menerapkan sejumlah jurus untuk merespons disrupsi digital dan pandemi. Di tengah disrupsi yang berdampak pada hampir setiap jenjang value chain, mulai dari supply, produksi, pemasaran, delivery, hingga billing dan payment, Federal Oil menyelaraskan pengembangan merek lewat jalur digital secara komprehensif dan terpadu.

Lantas, apa saja yang telah dilakukan dalam konteks ini?

Salah satunya, pemasaran digital (digital marketing). Bagi Federal Oil, kata Patrick Adhiatmadja, Executive Chairman PT Federal Karyatama & PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, pemasaran digital merupakan salah satu key enabler dalam mencapai tujuan dan ambisi perusahaan agar senantiasa relevan di mata konsumen.

Salah satu program pemasaran digital Federal Oil yang mewujud di era pandemi setahun belakangan adalah Service di Rumah Aja. Ini adalah program O2O (online to offline) dengan memanfaatkan platform booking ganti oli digital: ganti oli dilakukan di rumah pelanggan, bekerjasama dengan mitra bengkel.

Selain program tersebut, tahun ini mereka juga fokus pada inisiatif solusi pengalaman yang berbeda di setiap journey konsumen dalam merawat motornya. Salah satu inovasinya adalah integrated consumer program, yakni Sobek Berhadiah, yang saat ini telah diikuti jutaan konsumen. Di samping itu, mereka pun tidak lupa mendekatkan diri dengan ekosistem otomotif, seperti pemilik bengkel dan mekanik, dengan tujuan mempererat hubungan.

Yang tak kalah menarik, dalam menjalin engagement dengan pelanggan di era pandemi ini, Federal Oil menggelar kegiatan jarak jauh, yaitu balap virtual berhadiah puluhan juta rupiah. Perhelatan ini sekaligus dalam rangka memeriahkan ajang Moto2 untuk masyarakat Indonesia.

Demi menjangkau segmen pasar yang lebih luas serta memperkuat engagement, mereka berkolaborasi pula dengan key opinion leader. Federal Oil menggandeng Matteo Gurinoni dan Mbah Sattar yang sangat masyhur di dunia otomotif, serta menjadikan dua pembalap motor, Fabio Di Giannantonio dan Nicolo Bulega, sebagai brand ambassador.

Patrick juga mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan aset digital yang sudah diraih, seperti lewat Instagram dan Facebook, yang engagement-nya sudah sangat tinggi. “Demi memaksimalkan customer experience, dan membangun rasa percaya diri tim bahwa apa yang kami upayakan di dunia digital bisa memberikan hasil positif bagi brand kami,” ungkapnya.

Untuk mengarungi tahun 2022, Federal Oil membuka diri untuk berkolaborasi dengan pakar dan ahli di bidang digital dalam mengeksekusi aneka rencana. Termasuk, mensponsori Gresini Team pada FOGM2 yang akan naik level ke MotoGP.

“Kolaborasi dengan ekosistem pada segmen pasar kami tentunya akan terus dikembangkan supaya lebih efektif lagi. Dengan keseluruhan strategi ini, kami optimistis bisa terus memberikan kebanggaan bagi seluruh pengendara Indonesia,” kata Patrick tandas. (*)

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved