IBBA

Sanyo, Tingkatkan Aktivitas Pemasaran Digital

Yuji Kasuga, GM PT Setrindo Prima.
Yuji Kasuga, GM PT Setrindo Prima.

PT Setrindo Prima (Setrindo Group), produsen pompa air bermerek Sanyo, meningkatkan kualitas dan mengembangkan varian produk pompa air Sanyo yang berkesinambungan untuk diselaraskan dengan kebutuhan masyarakat yang beraneka ragam. Inovasi produk yang disediakan yaitu pompa sumur dangkal, pompa sumur dalam, pompa tekanan tinggi, pompa ekonomis dengan tegangan rendah, pompa debit air besar, dan pompa dorong.

Pengembangan produk tersebut dibarengi dengan upaya memperkuat kanal distribusi dan pemasaran. “Kami menjaga ketersediaan produk di pasar sehingga mudah ditemukan oleh masyarakat. Kemudian, menyediakan suku cadang yang mudah dibeli konsumen dan memperluas wilayah pemasaran ke seluruh daerah di Indonesia,” tutur Yuji Kasuga, GM PT Setrindo Prima.

Yuji mengatakan, pihaknya meningkatkan aktivitas pemasaran digital di website perusahaan serta media sosial (Facebook, Instagram, dan YouTube). Ini memudahkan konsumen di seluruh segmen, terutama milenial, mengakses informasi pompa air Sanyo di masa pandemi Covid-19.

Terkait pandemi, ia menegaskan, Setrindo menerapkan protokol kesehatan agar pompa air Sanyo tidak terpapar virus, menyalurkan produk ke dealer resmi untuk dijual ke konsumen, bermitra dengan pusat perbaikan yang melayani konsumen jika ada kendala produk, dan menyiagakan teknisi. “Hal ini kami lakukan untuk tetap mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen walaupun dalam kondisi pandemi seperti saat ini,” ujarnya.

Demi mempertahankan loyalitas konsumen, selain inovasi produk dan kualitas pelayanan konsumen, Setrindo menyodorkan harga jual yang kompetitif dan bervariasi, menjamin ketersediaaan suku cadang yang berkualitas, memberikan layanan pascajual yang lebih baik (contohnya, garansi motor pompa air lebih dari lima tahun), serta meningkatkan informasi produk dan pelayanan konsumen di kanal digital. Setrindo pun memperkokoh kompetensi teknisi. Di Oktober tahun lalu, misalnya, Sanyo mengadakan technician mini workshop di Gorontalo untuk mempererat kemitraan dengan para mitra teknisi dan meningkatkan kualitas pelayanan konsumen. Acara serupa digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 20 Februari 2020.

Inovasi dan kualitas pelayanan itu mengerek citra merek sebagai pompa air listrik nomor satu Indonesia. ”Kami meyakini produk pompa air Sanyo menjadi market leader di kategorinya. Untuk persentase market share-nya, kami yakini lebih tinggi dibandingkan produk kompetitor dalam kategorinya,” kata Yuji.

Pompa air Sanyo, berdasarkan indeks Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2020, menduduki peringkat pertama di kategori Pompa Air Listrik. Penentuan indeks IBBA menggunakan lima variabel penilaian, salah satunya TOM Brand (Top of Mind Brand), yaitu merek yang paling diingat konsumen. Skor TOM Brand Sanyo mencapai 37,0 atau lebih tinggi daripada empat merek lainnya di kategori tersebut.

Ke depan, Setrindo berencana menciptakan varian pompa air terbaru, berekspansi, meningkatkan pemasaran konvensional ataupun digital pascapandemi, dan mengadakan vaksinasi Covid-19 di 2021. “Untuk tetap bertahan sebagai market leader, kami berupaya menjaga dan meningkatkan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan konsumen, tanggap dengan lineup produk baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat di segala bidang,” Yuji mengungkapkan. (*)

Vina Anggita & Vicky Rachman

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved