Sharp, Memuaskan Pelanggan dengan Diferensiasi yang Kokoh

Andry Adi Utomo, National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia.

Tak terlalu mengagetkan bila merek AC Sharp tahun ini unggul dan menjadi jawara pada survei  Indonesia Best Customer Satisfaction Index 2022 yang diselenggarakan SWA dan Business Diggest. Fakta di lapangan, di segmen produk AC, Sharp memang pemain yang eksis dan menjadi pemimpin pasar.

“Sharp leader di segmen AC dengan market share di kisaran 24,1%,” ungkap Andry Adi Utomo, National Sales Senior GM PT Sharp Electronics Indonesia.

Keberhasilan Sharp terus bercokol sebagai market leader tentu tak lepas dari kemampuan merek ini dalam memuaskan pelanggan. Yaitu, dengan pendekatan pemasaran yang tepat, baik dari sisi kualitas produk, strategi harga, kemudahan pembelian, maupun kemampuan memberikan benefit emosional ke pelanggan.

Dari sisi fitur produk, misalnya, Sharp berusaha membangun diferensiasi yang kuat melawan pesaing. Produk AC Sharp memiliki fitur orisinal dan paten hanya dari Sharp, yaitu Plasmacluster. Fitur ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan, antara lain dapat menekan pertumbuhan bakteri, jamur, tungau, hingga virus.

“Pada masa pandemi, menurut penelitian di Jepang, Plasmacluster dari Sharp dapat menekan persebaran Covid-19 di udara hingga 99,4% dalam 30 detik, dan juga di permukaan (droplet) dalam waktu dua jam,” ungkap Andry.

Dari sisi produk, Sharp Indonesia mencoba menawarkan variasi produk untuk memenuhi permintaan pasar dan kebutuhan konsumen. Sharp Indonesia memiliki cakupan produk AC yang luas, mulai dari yang basic hingga yang premium, dengan harga yang kompetitif sehingga konsumen bisa memilih dan menyesuaikan produk dengan kebutuhannya. Secara umum, produk AC Sharp disasarkan untuk keluarga muda, usia 20-55 tahun, kelas SES A dan B.

Sharp juga berusaha menjawab tantangan pelanggan di era digital dan milenial. “Pelanggan di era digital dan milenial membutuhkan produk-produk yang praktis dan juga efisien, untuk memenuhi tuntutan hidup yang semakin dinamis. Ditambah saat ini masih berada di masa pandemi, pelanggan juga sangat memperhatikan perihal kesehatan dan kebersihan,” Andry menuturkan.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)