Kopi Kenangan, Kembangkan Produk dan Gerai Baru

Edward Tirtanata, Co-Founder & CEO Kenangan Brands.
Edward Tirtanata, Co-Founder & CEO Kenangan Brands.

Seiring dengan berkembangnya kebiasaan menikmati minuman kopi di kalangan masyarakat Indonesia, sejumlah merek dan gerai kopi bermunculan di berbagai penjuru kota. Salah satu gerai kopi dari dalam negeri yang makin populer adalah Kopi Kenangan (di bawah payung Kenangan Brands), yang kini telah memiliki total 868 gerai.

Gerai Kopi Kenangan selama ini dikenal dengan konsep gerai kopi grab-and-go. Maksudnya, konsumen dapat memesan minuman kopi melalui aplikasi dan mengambil pesanannya, ataupun mengirimkannya ke tempat tujuan tanpa perlu mengantre. Gerai Kopi Kenangan relatif mudah dijumpai di area perkantoran, pusat perbelanjaan, dan belakangan juga di permukiman.

Menurut Edward Tirtanata, Co-Founder & CEO Kenangan Brands, terjadinya pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi pihaknya. Terutama, dari segi interaksi awak Kopi Kenangan dengan konsumen, sejalan dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat pada masa-masa puncak pandemi.

        “Sejak diberlakukannya PPKM dan work from home (WFH), kami mengubah strategi dengan melakukan ekspansi gerai ke daerah permukiman,” kata Edward. Sebelum pandemi, mayoritas gerai Kopi Kenangan berada di area perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Kebijakan tersebut, menurutnya, membantu ekspansi bisnis Kenangan Brands. Apalagi, juga disertai langkah kolaborasi. “Dengan adanya kolaborasi dengan berbagai mitra pesan-antar, kami juga semakin terbantu dalam memenuhi kebutuhan konsumen di masa pandemi,” katanya. Sejak masa pandemi itu pula, pengguna aplikasi Kopi Kenangan semakin bertambah.

        Untuk merespons berbagai tantangan semasa pandemi dan pascapandemi, pihaknya juga melakukan strategi pemasaran, antara lain promosi penjualan untuk konsumen, baik yang memesan melalui aplikasi Kopi Kenangan ataupun melalui food aggregator. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Kenangan Brands membuat program Kenangan Loyalty dan Kenangan Points yang bisa diperoleh pada setiap pemesanan melalui aplikasi Kopi Kenangan.

Dari segi produk, Kenangan Brands berinovasi dengan menghadirkan berbagai produk baru. “Selama tiga tahun terakhir, Kenangan Brands terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan beberapa produk baru,” ujar Edward. Terutama, berupa produk makanan pendamping minuman kopi, dalam berbagai varian rasa dan ukuran.

“Selama tiga tahun terakhir, Kenangan Brands terus melakukan inovasi dengan mengeluarkan beberapa produk baru.”

Edward Tirtanata, Co-founder & CEO Kenangan Brands

        Kenangan Brands memulainya pada 2020 dengan menyediakan Cerita Roti, produk roti bantal yang dipromosikan selembut awan. Lalu, pada 2021, Kenangan meluncurkan Chigo, produk olahan daging ayam, dan Kenangan Manis, produk sea salt soft-baked cookies.

Pada Januari 2022, Kenangan Brands meluncurkan produk minuman kopi dalam kemasan atau ready-to-drink (RTD) coffee, dengan merek Kopi Kenangan Hanya Untukmu. “Ini membuat Kopi Kenangan sebagai brand minuman kopi lokal fresh-brewed pertama yang mengeluarkan produk kopi RTD,” ujar Edward.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)