Bank Mandiri Panen Laba dari Inovasi Digital Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri

Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Bank Retail Sales Group Bank Mandiri.
Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Bank Retail Sales Group Bank Mandiri.

Ira Rachmi (49 tahun) acapkali melempar senyum setelah menuntaskan transaksi di aplikasi Livin’ by Mandiri. Aplikasi yang dibuat oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. ini memudahkan Ira untuk membayar tagihan listrik, membeli pulsa, transfer dana, hingga membeli reksa dana. “Ndak perlu ke ATM Bank Mandiri, transaksinya di rumah saja,” ujar Ira mengenai pengalamannya bertransaksi di Livin’ by Mandiri.

Aplikasi ini merupakan hasil nyata dari inovasi digital. Bank Mandiri merilis Livin’ by Mandiri pada Oktober 2021. Ini merupakan langkah taktis perseroan untuk merespons perubahan perilaku nasabah dan tren digitalisasi di industri perbankan.

Persaingan bisnis perbankan pun semakin kompetitif lantaran jasa keuangan dan pelayanan nasabah perbankan bertumpu pada platform digital. Gejala ini memicu bank ini untuk berinovasi dan beradaptasi dengan menyodorkan beragam produk dan layanan berbasis digital.

“Ketersediaan aplikasi finansial super-app Livin’ by Mandiri itu merupakan respons kami untuk beradaptasi,” ujar Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Bank Retail Sales Group Bank Mandiri.

Bank berlogo pita emas ini menyematkan fitur termutakhir di Livin’ by Mandiri guna memenuhi semua kebutuhan nasabah. Fitur terbaru yang bertajuk Livin' Investasi bertujuan menghadirkan solusi berinvestasi secara mudah, cepat, serta aman, sedangkan Livin' Sukha untuk mengakomodasi kebutuhan gaya hidup nasabah.

Fitur Livin’ Investasi memudahkan nasabah membeli reksa dana mulai dari Rp 100 ribu dan memantau langsung portofolio investasinya itu, serta memberikan layanan top-up otomatis (auto debit) dari rekening tabungan Bank Mandiri. Adapun fitur Livin’ Sukha memudahkan nasabah membeli tiket pesawat dan kereta api, memesan dan membayar tiket konser, membeli vocer game online, mengajukan pembiayaan kredit kendaraan bermotor, dan membayar asuransi jiwa. Fitur terbaru ini kian melengkapi fitur yang ada sebelumnya.

Berbicara pelayanan nasabah di aplikasi digital, Bank Mandiri juga memanjakan nasabah di segmen wholesale. Aplikasinya berjenama Kopra by Mandiri yang dirancang khusus untuk menggarap segmen wholesale. Layanan ini disediakan untuk memfasilitasi kebutuhan nasabah. Kopra by Mandiri memiliki layanan digital single access, yang menjadi pusat aktivitas informasi dan transaksi finansial bagi komunitas bisnis/pelaku usaha di segmen wholesale berikut ekosistemnya dari hulu ke hilir.

“Kopra by Mandiri mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur cash management,” kata Thomas.

Langkah Bank Mandiri berinovasi ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk bertransformasi, memperluas ekspansi bisnis, serta mengadopsi Revolusi Industri 4.0. “Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, kami menyadari sepenuhnya bahwa kami harus beradaptasi dengan cepat, terutama menghadapi penetrasi cepat industri keuangan yang berbasis teknologi informasi,” Thomas menuturkan.

Halaman Selanjutnya
Untuk itu, CEO bersama jajaran...
Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)