Best Exporter zkumparan

Legong Bali Nusantara, Penganan Nusantara untuk Pasar Dunia

Immanuel Johan Subagio Bhakti, founder dan CEO PT Legong Bali Nusantara
Immanuel Johan Subagio Bhakti, founder dan CEO PT Legong Bali Nusantara

Barangkali cuma di Indonesia, produk pangan bernama kerupuk bisa tumbuh menjadi industri meyakinkan. Jenis penganan ringan ini bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja, dan tidak hanya dikenal masyarakat di Indonesia, melainkan juga di mancanegara.

Kini, semakin banyak varian kerupuk, mulai dari kerupuk putih, kerupuk bawang, kerupuk udang, kerupuk ikan, hingga kerupuk kulit; tergantung pada bahan yang digunakan. Aromanya yang khas dan rasanya yang gurih menjadikan kerupuk cocok sebagai teman makan nasi atau camilan di segala musim.

Salah satu produsen kerupuk yang getol berekpansi ke luar negeri adalah PT Legong Bali Nusantara. Berdiri pada 1976 di Sidoarjo, Jawa Timur, Legong Bali belakangan ini giat merambah pasar luar negeri. Tercatat hingga saat ini telah menembus pasar Arab Saudi, Hong Kong, China, Korea, Australia, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Amerika Serikat.

Immanuel Johan Subagio Bhakti, founder dan CEO PT Legong Bali Nusantara, mengaku punya mimpi besar terhadap bisnis yang diharapkan dapat membantu membangun dan meningkatkan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia ini. Johan berharap dapat terus meningkatkan ekspor yang saat ini mencapai rata-rata lima kontainer per bulan.

Dari pabrik kedua yang dibangun tahun 2003, seluruh produknya memang ditujukan untuk pasar ekspor. “Kapasitas produksi kami saat ini mencapai hingga 1.500 ton per tahun,” kata Johan. Tahun 2018-2019, ekspor terbesar ke negeri China sebanyak 40,2%, diikuti Arab Saudi, Taiwan, Hong Kong, dan Singapura dengan presentase masing-masing 20,3%, 18,8%, 9,1%, dan 7,8%. “Jadi, total ekspor kami ke China mencapai Rp 9 miliar per Agustus 2019 dengan menyasar hotel, restoran, dan kafe di kota-kota besar seperti Beijing dan Shanghai,” lanjutnya, bangga.

Selain itu, Legong Bali juga telah menjual kerupuknya di supermarket premium di China, seperti Ole dan Frestmart. Di toko online, kerupuk Legong Bali ada di Tmall.com, JD.com, B2B Baidu, dll.

Pasar Arab Saudi pun telah digarap dengan seksama. Nilai ekspor yang ditorehkan Legong Bali mencapai Rp 4,57 miliar per Agustus 2019. Total ada 33 jenis produk (item) yang diditribusikan ke sana. “Produk kami dijual di 200 toko Indonesia di seluruh Arab Saudi, di 50 minimarket, supermarket, hingga hypemart seperti Bin Da Wood, HyperPanda, dan LuLu,” ujar Johan.

Distribusi di Taiwan telah mencapai Rp 4 miliar per Agustus 2019 dengan jalur distribusi ke pabrik penggorengan dengan produk kerupuk curah atau bulk. “Kami juga mendistribusikannya ke 300 toko Indonesia/Asia Tenggara di seluruh Taiwan,” katanya. Adapun ekspor ke Hong Kong kini telah senilai Rp 2 miliar dengan 25 item. Jalur distribusinya mencakup ritel jaringan minimarket yang menjual produk makanan Asia Tenggara yang memiliki 25 cabang di seluruh Hong Kong.

Bagi Johan, perkembangan menarik ini patut dijaga momentumnya karena produk yang dihasilkan adalah asli dari indonesia. Jenis kerupuk yang diekspor, 80% adalah kerupuk udang, sisanya kerupuk ikan, kerupuk bawang, dan kerupuk singkong. “Semua bahan produk makanan ini tidak terlalu banyak terpengaruh krisis global maupun resesi. Makanan lebih stabil dibanding produk lain,” ungkapnya gembira.

Johan optimistis, dengan semakin kondusifnya peraturan –kini tidak ada tarif tambahan karena ada Asian-China Free Trade, sehingga tidak mengunakan tax– pihaknya mampu menjaga pertumbuhan bisnis. “Tahun ini bisa tumbuh 10%, “ ujar Johan yang diwawancarai di Kantor Kementerian Perdagangan RI.

Tahun lalu, nilai ekspor Legong Bali total mencapai Rp 28 miliar. Adapun tahun 2017 sebesar Rp 23 miliar dan tahun 2016 sebesar Rp 20 miliar. “Jadi, selama tiga tahun terakhir pertumbuhan bisnis kami bisa mencapai lebih dari 10%,” ucap Johan. Pihaknya berusaha terus mengembangkan inovasi demi memenuhi tuntutan pasar global yang semakin beragam. (*)

Dyah Hasto Palupi/Anastasia A.S.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved