Erajaya Swasembada, Create Value ke Investor dengan Masuk ke Vertikal Baru | SWA.co.id

Erajaya Swasembada, Create Value ke Investor dengan Masuk ke Vertikal Baru

Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk.
Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk.

Salah satu perusahaan mid cap yang kinerjanya bagus dalam lima tahun terakhir ialah PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA), perusahaan publik yang dikenal kuat di bisnis distribusi produk elektronik dan telekomunikasi. Bila dilakukan tracking, Wealth Added Index (WAI) perusahaan ini selama 2018-2022 positif, yakni Rp 223,08 miliar. Jadi, Erajaya masih tetap bisa menambah kekayaan para investor publiknya meski dalam dua tahun terakhir makroekonomi dihantam pandemi.

Pada 2022, kinerja ERAA juga positif. Perusahaan yang mendistribusikan peranti elektronik seperti ponsel, tablet, dan aksesori ponsel ini mampu membukukan laba bersih Rp 1,01 triliun dan memberikan laba bersih per saham setara dengan Rp 63,70. Bagusnya tingkat laba di 2022 tak lepas dari nilai penjualan yang baik, yakni meraih penjualan neto Rp 49,47 triliun, meningkat 13,82% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang di level Rp 43,46 triliun.

Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk., menjelaskan, dalam lima tahun terakhir perusahaannya melakukan transformasi penting. Terutama, dalam berinvestasi untuk mengembangkan bisnis di luar bisnis handset. Manajemen Erajaya kini membagi bisnisnya menjadi empat vertikal baru.

“Kami terus ekspansi bisnis, baik bisnis yang sudah ada maupun pengembangan bisnis baru dalam vertikal. Kami bertransformasi, beraspirasi untuk meningkatkan nilai perusahaan secara keseluruhan dalam jangka panjang,” kata Hasan yang mantan bos Nokia Consumer Mobile Phone di Indonesia ini.

Memang menarik. Dulu Erajaya hanya dikenal sebagai distributor handset, sedangkan kini perusahaan publik ini sudah berkembang dan membagi bisnisnya menjadi empat vertikal baru.

Yaitu, Erajaya Digital, yang berfokus pada produk 3C (communication, computers, dan consumer electronics). Lalu, kedua, Erajaya Beauty & Wellness, yang berfokus pada produk serta layanan kesehatan dan kecantikan.

Ketiga, Erajaya Active Lifestyle, berfokus pada produk dan aksesori yang berhubungan dengan gaya hidup pelanggan. Keempat, Erajaya Food & Nourishment, yang berfokus pada produk di bisnis food, beverages, dan supermarket.

Langkah ekspansi Erajaya ditempuh untuk memastikan pertumbuhan bisnis tetap terjadi tanpa meninggalkan core business-nya, yakni bisnis ritel. “Setiap investasi di Erajaya selalu didahului analisis risiko dan studi kelayakan yang mendalam, termasuk prospek pengembangan dan kecukupan arus kas, untuk memastikan bisa memenuhi semua parameter kelayakan investasi,” Hasan menjelaskan.

Dia melihat bahwa selama ini apresiasi tinggi dari pemegang saham publik karena beberapa faktor, yaitu fundamental perusahaan yang solid, kondisi finansial perseroan yang sehat, komitmen perusahaan yang terus berupaya mengembangkan bisnis dan nilai perusahaan, serta selalu taat pada konsep Good Corporate Governance. “Ditambah dengan sentimen pasar yang positif terhadap masa depan industri ritel,” ujarnya.

Ke depan, Ejajaya akan melanjutkan strategi ekspansi footprint retail untuk menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia, dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. “Pada saat yang sama juga akan meningkatkan kapabilitas untuk menggelar layanan omnichannel yang akan memberikan pengalaman berbelanja online dan offline secara seamless, menyenangkan, dan berkesan,” kata Hasan.

Per 31 Maret 2023, Erajaya Group secara keseluruhan memiliki 1.849 gerai, tersebar di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Juga mempunyai 95 pusat distribusi dan kurang-lebih 67.000 reseller.

Yang tak kalah menarik, Erajaya juga akan terus memperkuat kapabilitas omnichannel yang dimiliki melalui program CRM, MyEraspace, untuk mengenali pelanggan dengan lebih baik guna memberikan penawaran, promosi, dan pengalaman berbelanja yang berkesan kepada pelanggan. Sampai dengan 31 Maret 2023, Erajaya (MyEraspace) sudah memiliki lebih dari 7 juta anggota atau meningkat 60% secara YoY dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selain ekspansi ritel, Erajaya Group juga membangun portofolio brand dengan menggandeng mitra-mitra baru untuk menjawab kebutuhan konsumen. Langkah tersebut untuk memastikan bahwa pelanggan setia bisa mendapatkan pengalaman terbaik dan Erajaya  bisa menjadi top of mind ketika konsumen menyebut produk berkualitas. (*)

Sudarmadi & Herning Banirestu

www.swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)