Mayora Indah, Sukses Pasarkan Produk, Dorong Sentimen Positif Investor

Ricky Afrianto, Direktur Pemasaran Global Grup Mayora
Ricky Afrianto, Direktur Pemasaran Global Grup Mayora

Kunci sukses PT Mayora Indah Tbk. memperoleh Wealth Added Index (WAI) positif merupakan hasil dari konsistensi memberikan kualitas produk terbaik kepada konsumen dan menerapkan budaya inovasi berkelanjutan dalam mengeluarkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen. Mayora mencetak WAI senilai Rp 18,61 triliun dan menempati peringkat ke-13 di daftar SWA100 2019. Ini berarti saham perusahaan makanan dan minuman ini mendapatkan sentimen positif dari investor. Tengoklah, di akhir 2013, nilai kapitalisasi pasar Mayora tercatat Rp 23,25 triliun, sedangkan di akhir 2018 (selama lima tahun) melonjak ke angka Rp 58,58 triliun, atau naik 162,3%.

Selain itu, kami terus melakukan campaign pemasaran yang efektif dan efisien yang membawa perusahaan terus dapat tumbuh, dengan menyampaikan komunikasi yang insightful dan tepat sasaran, sehingga produk Mayora dapat dikenal dan dapat menjadi bagian dari masyarakat, terutama di Indonesia,” tutur Ricky Afrianto, Direktur Pemasaran Global Grup Mayora.

Penyampaian komunikasi pemasaran itu diyakini Ricky mendongkrak nilai korporat dan ekuitas merek di mata konsumen. Hal ini menanamkan kepercayaan dan kebanggaan konsumen terhadap Mayora. Untuk membayar kepercayaan konsumen, Mayora merilis produk baru dan berusaha memelopori penciptaan produk-produk tertentu untuk menjawab tren makanan dan minuman yang diinginkan konsumen. Pendekatan ini untuk mengembangkan pasar di dalam negeri dan luar negeri. “Saat ini, produk Mayora sudah diekspor ke lebih dari 100 negara. Insightful marketing communication menjawab kebutuhan konsumen,” kata Ricky.

Manajemen perusahaan ini pun menjaga pertumbuhan omset naik dua digit setiap tahun. Pada 2019, Mayora membidik pertumbuhan penjualan 10-11%. Biasanya, target ini dipenuhi Mayora sehingga para pemegang saham mengapresiasi saham perusahaan yang berkode MYOR ini.

Sebagai contoh, penjualan Mayora pada 2018 senilai Rp 24,06 triliun. Angka ini tumbuh 15,58% dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 20,81 triliun. Tahun lalu, penjualan di dalam negeri senilai Rp 12,96 triliun dan ekspor Rp 11,10 triliun. Adapun penjualan di tahun 2018 ini melampaui target yang ditetapkan manajemen senilai Rp 22,97 triliun, atau melebihi target sebesar 4,74%. Peningkatan penjualan itu dibarengi pertumbuhan laba bersih yang naik 7% menjadi Rp 2,63 triliun dari Rp 2,46 triliun. Nah, sebesar 24,65% dari laba bersih ini disisihkan manajemen sebagai bonus bagi para investor. Tahun ini Mayora membagikan Rp 648,40 miliar sebagai dividen.

Ricky menuturkan, masa depan bisnis makanan dan minuman diproyeksikan masih baik walau menghadapi tantangan pasar yang dinamis karena perilaku konsumen memengaruhi tren. “Saat ini kualitas produk Mayora sudah diakui, bahkan menjadi market leader, di Indonesia dan beberapa negara lain seperti China, Filipina, Vietnam, dan Thailand. Sehingga, sangat penting bagi Mayora untuk tetap menjaga prestasi yang sudah dicapai dan terus up-to-date mengikuti perkembangan pasar sehingga dapat men-deliver hal yang relevan kepada konsumen,” Ricky menerangkan.

Strategi fundamental Mayora untuk menjawab kebutuhan konsumen adalah mempraktikkan 3P: Product, Process, and People. “Product itu harus menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen. Process, karena kami telah menjadi global player, proses sangat dibutuhkan untuk membentuk konsistensi dalam brand building. Sedangkan people merupakan aset yang terbesar bagi perusahaan dengan keselarasan visi-misi dan kerjasama yang baik, mulai dari tim internal, agency, supplier, distributor, hingga partner lainnya yang berkontribusi dalam membangun merek-merek Mayora,” tutur Ricky menjelaskan.

Kualitas produk merupakan prioritas utama untuk memformulasikan produk unggul yang memenuhi kebutuhan konsumen. “Ini yang membuat konsumen repeat purchase dan loyal terhadap merek atau produk. Kami meyakini process dan people merupakan hal yang mendukung itu. Proses evaluasi dan perbaikan yang berkesinambungan membuat perusahaan selalu cepat take action untuk selalu unggul dalam kompetisi,” imbuhnya. Tata kelola biaya yang efisien yang tidak mengurangi kualitas produk turut berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis.

Manajemen Mayora optimistis, penerapan prinsip 3P itu dapat meningkatkan kepercayaan dari investor. “Kami selalu berpikir long term untuk menciptakan dan membangun brand kami menjadi Love Mark Brand di hati konsumen. Menerapkan Mayora Marketing Way dalam ekspansi global business yang berkontribusi kepada pertumbuhan bisnis Mayora dan juga investasi di people development yang tentunya akan berkontribusi positif terhadap bisnis perusahaan,” papar Ricky.

Sebagai perusahaan yang fokus pada business to consumer, Mayora bakal menghadapi tantangan bisnis, seperti memahami perilaku konsumen yang terus berevolusi. “Kami percaya bahwa konsumen adalah kunci utama untuk pertumbuhan bisnis. Untuk itu, kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dalam kualitas produk sehingga kami dapat membangun loyalitas dan kepercayaan konsumen,” Ricky menegaskan. Kedua hal tersebut diikuti dengan inovasi produk di berbagai kategori makanan dan minuman yang memberikan nilai tambah bagi kehidupan konsumen.

Emiten barang-barang konsumsi ini memiliki portofolio produk yang cukup banyak. Tentunya, menurut Ricky, hal ini merupakan tantangan bagi manajemen untuk konsisten memberikan pengalaman kepada konsumen atas produk-produk Mayora. “Hal ini didukung dengan Mayora Marketing Way untuk mengelola setiap kegiatan marketing berjalan baik, efektif, dan efisien. Begitu juga dengan karyawan, Mayora Indah mengapresiasi talented employee agar dapat berkarier dan memberikan kontribusinya terhadap bisnis,” ucap Ricky. Selain itu, Mayora terus melakukan ekspansi bisnis di dalam negeri dan mancanegara. (*)

Sri Niken Handayani & Vicky Rachman; Riset: Elsi Asnimar

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)