Ririt Lukmansyah, Karier Melejit berkat Self Learning dan Komitmen Jalankan Tugas

Ririt Lukmansyah, Key Account Development for Energy and Resources Segment PT ISS Indonesia.
Ririt Lukmansyah, Key Account Development for Energy and Resources Segment PT ISS Indonesia.

Pada November 2009 ada momentum penting dalam perjalanan karier Ririt Lukmansyah, yang kini menjabat sebagai Key Account Development PT ISS Indonesia. Ketika itu, ia dipromosikan menjadi Team Leader/Junior Supervisor di Rumah Sakit Asia Medica yang saat ini dikenal dengan Siloam Hospital Jambi. Enam bulan setelahnya, Ririt dipercaya menangani small account di 11 kabupaten di Provinsi Jambi.

Sejak itulah, ia sering mendapatkan kepercayaan dari manajer untuk menangani daerah-daerah kritis yang mengharuskannya beberapa kali pindah kota. Misalnya, ia pindah ke Palembang untuk menangani beberapa lokasi operasi ISS pada 2010, lalu pindah ke Bangka-Belitung pada 2011.

Ririt bergabung dengan ISS pada Mei 2008 sebagai petugas cleaning service di RS Pondok Indah Jakarta. Ketika itu, ia selalu ditempatkan di shift malam dan bertugas membersihkan ruang operasi dan ICU (intesive care unit). “Saya adalah seseorang yang mudah beradaptasi dengan perubahan, sehingga pada tahun 2012 saya mendapat kesempatan untuk dipromosikan sebagai Supervisor di RS Hermina Palembang, Auto 2000 TAA Palembang, Sari Roti Palembang, dan KAI Division Reg–III di tahun 2015,” ungkapnya.

Pada 2015, Ririt kembali dipromosikan menjadi Manajer Layanan untuk Medium Account dan Manajer Area untuk Sumatera 3. “Pada saat itu saya mendapat kesempatan untuk menduduki beberapa posisi berbeda dari sebelumnya, seperti Manajer Transisi dan Quality Control pada 2016,” kata peraih penghargaan The 1st Above Base Champion Award 2017 di ISS ini.

Dan, di tahun 2017, General Manager memintanya untuk membantu di divisi penjualan sebagai sales executive hingga 2019, dan ini pertama kalinya Ririt terjun di dunia penjualan. Di tahun 2019 itu pula, ia ditarik ke Kantor Pusat IIS Indonesia di Jakarta untuk menangani segmen pendidikan, yakni sebagai Key Account Development for Energy and Resources Segment. 

Ririt percaya, leadership skill tidak tercipta dari kita lahir, tetapi harus diasah. “Dan, saya percaya bahwa pendidikan itu penting, maka saya memutuskan untuk melanjutkan studi saya saat ini di Universitas BINUS Jurusan Manajemen Bisnis. Bahkan, tidak pernah terpikirkan, 12 tahun lebih tujuh bulan yang lalu saya masih mengepel lantai di rumah sakit, tapi saat ini sebagai Key Account Development,” ungkap pria kelahiran 21 September 1988 ini. 

Ririt mengaku lebih banyak melakukan self learning, dan harus menjalankan tugas sesuai dengan harapan perusahaan. “Intinya, bagaimana bisa beradaptasi dengan lingkungan. Contohnya, ketika saya menjadi cleaning service, saya menjalankan daily activity yang sudah diberikan dengan baik, meski saat malam itu tidak ada pengawasan dari atasan,” ungkapnya.

Ia juga mengikuti program kaderisasi yang dilakukan mulai dari level cleaning servive. Jadi, setelah pulang kerja pukul 6 pagi, ia mengikuti kegiatan kaderisasi tersebut pada pukul 9-11 pagi, yang dilakukan seminggu dua kali. “Di sinilah kami diuji pemahaman terkait SOP (standard operating procedure), kehadiran, kedisiplinan, dan penampilan. Setiap bulan ada beberapa orang yang akan dicalonkan untuk mendapat promosi,” katanya. 

Ririt merasa ISS bukan hanya tempat bekerja untuk mencari nafkah, melainkan juga tempat untuk membangun leadership skill. Banyak self learning yang dijalani di ISS, mulai dari attitude skill knowledge sampai belajar leadership skill.

“Saya juga percaya bahwa leadership skill ini dapat membantu perusahaan dalam mencapai KPI (Key Performance Indicators), seperti meng-create margin, membantu perusahaan tumbuh dan fokus pada cash conversion,” Ririt menandaskan. Ia pun meyakini, semua perusahaan yang sukses membutuhkan pemimpin yang memiliki visi, tujuan jangka panjang yang jelas, dan penghargaan yang dalam kepada orang-orangnya. (*)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)