Vina Febria Widhiastuti: Kolaborasi, Kunci Sukses Program Kerja

Vina Febria Widhiastuti, Manajer Sales Monitoring & Support Direktorat Pemasaran Regional-Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero).
Vina Febria Widhiastuti, Manajer Sales Monitoring & Support Direktorat Pemasaran Regional-Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero).

Sejak awal bergabung dengan PT Pertamina (Persero) melalui Program Bimbingan Profesi Sarjana tahun 2007, Vina Febria Widhiastuti (36 tahun) sudah menyadari bahwa ia memasuki dunia kerja laki-laki. Dunia pekerjaan yang membutuhkan ketangguhan fisik karena mobilitas yang tinggi serta tugas lapangan yang tanpa pandang bulu. “Saya siap bekerja. Saya tidak akan menolak penugasan yang diberikan,” demikian tekad perempuan kelahiran Ponorogo, 12 Februari 1985, ini atas pilihan pekerjaan yang digelutinya.

Bagi lulusan S-1 Ekonomi Manajemen Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini, semua pekerjaan sama saja. Apa yang bisa dikerjakan oleh karyawan pria, pasti bisa dilakukan perempuan. Justru perempuan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki karyawan laki-laki. “Multitasking perempuan adalah kekuatan sekaligus kunci sukses perempuan pekerja,” ujarnya mantap.

Kebetulan, perempuan aktif ini mengaku tipe pemberani dan menyukai tantangan baru. Vina terkenang, walaupun masih tergolong karyawan baru, ketika mendapat kesempatan rapat dengan manajemen puncak, ia tanpa ragu-ragu berbicara dan menyampaikan pendapat. “Saya adalah tipikal orang yang to the point kalau ada hal mengganjal. Nah, keberanian untuk menyampaikan pendapat itulah yang mungkin belum banyak dimiliki karyawan wanita,” ungkap Vina yang kini menduduki posisi Manajer Sales Monitoring & Support Direktorat Pemasaran Regional-Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero).

Tercatat selama lima tahun terakhir Vina selalu mendapat penilaian kinerja maksimal. Ia juga mencatat rekor promosi jabatan tiga kali dalam kurun waktu kurang dari setahun. Menjadi satu-satunya wanita yang menduduki jabatan manajerial di Direktorat Pemasaran Regional-Subholding Commercial & Trading, ia pun tercatat sebagai manajer termuda di direktorat ini.

“Sebagai wanita, kita jangan pernah minder. Walaupun kita wanita, tapi percayalah bahwa kita bisa menyampaikan inovasi dan ide ke manajemen,” ungkap Vina yang memperoleh penugasan khusus sebagai penanggung jawab Pembinaan dan Pengembangan SDM Direktorat Pemasaran Regional sejak 2019

Selama 14 tahun bergelut di tim pemasaran Pertamina, beragam inovasi berhasil ia kembangkan. Di antaranya, pembuatan official merchandise atau merchandise store Pertamina, seperti mobil tangki, die cast, dan helm. Perwujudan ide ini masih berlanjut sampai sekarang.

Penulis buku Success Story of Pertalite yang diterbitkan MarkPlus ini juga turut mencetuskan ide program Sales Force Competition sebagai kompetisi bagi para sales force dalam menciptakan ide untuk peningkatan penjualan atau revenue bagi perusahaan. Selain itu, ia pun ikut melahurkan program Report Sales Force untuk memonitor pencapaian para sales force, membuat skenario tahapan pelaksanaan Program Langit Biru (edukasi masyarakat untuk beralih ke produk yang lebih baik kualitasnya) di wilayah Jawa-Bali (88 kota/kabupaten), dan turut ambil bagian dalam merancang Titik Layanan Tambahan BBM di sepanjang jalur tol dan non-tol untuk memenuhi kebutuhan BBM selama Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Inovasi dan kerja keras Vina membuahkan hasil menggembirakan. Menurutnya, kesuksesan program itu sangat dipengaruhi kolaborasi antarfungsi dalam organisasi. Misalnya, program Report Sales Force menghasilkan value creation sebesar Rp 3,9 triliun per tahun.

Vina sebagai Koordinator Proyek Satgas Nataru 2021 pun berhasil menjamin pelayanan dan penyaluran BBM dan LPG lancar. Dan yang tak kalah membanggakan, ia juga berhasil melaksanakan Program Langit Biru, program untuk mengedukasi masyarakat untuk menggunakan produk BBM yang kualitasnya lebih baik dan ramah lingkungan. Program ini memberikan peningkatan penjualan produk Pertalite sebesar 25% dan value creation sebesar Rp 7,6 triliun/tahun. (*)

 Dyah Hasto Palupi/Andi Hana Mufidah Elmirasari

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)