Management Strategy

Menpar Pasang Target, 2019 Pariwisata Sumbang Devisa Rp 249 triliun

Oleh Admin
Menpar Pasang Target, 2019 Pariwisata Sumbang Devisa Rp 249 triliun

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan untuk tahun 2019 sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap PDB Nasional sebesar 8 persen dengan devisa yang dihasilkan sebesar Rp 249 triliun. “Ini akan dihasilkan dari kunjungan wisatawan manca negara yang ditargetkan sebanyak 20 juta orang,” kata dia saat menyampaikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasioan Pariwisata, di Grand Mercure, Jakarta, Kamis, 29 Oktober 2015.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya

Arief menuturkan, untuk tahun ini saja (2015) kontribusi pariwisata terhadap PDB Nasional diperkirakan mencapai 4 persen dengan devisa Rp 155 triliun. “Ini modal yang kuat untuk mencapai target jangka pendek maupun panjang di tahun 2019,” ujar dia.

Sementara itu, kata Arief untuk mencapai target kontribusi tersebut perlu ada terobosan dalam regulasi pariwisata. Ia menjelaskan sebagai langkah terobosan konkret pemerintah telah melakukan deregulasi bidang pariwisata dengan memperbanyak Bebas Visa kunjungan (BVK). “Awalnya yang mendapat BVK hanya 15 negara, sekarang sudah ditingkatkan jadi 90 negara,” ucap dia.

Selain itu, terobosan lainnya adalah penghapusan ketentuan Clearance Approval Teritory (CAIT) dengan tujuan meningkatkan jumlah kunjungan perahu pesiar (yacht) ke Indonesia dan penghapusan asas cabotage untuk kapal pesiar asing dengan membolehkan penumpang naik turun di lima pelabuhan Indonesia. Yakni : Belawan, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, dan Sukarno-Hatta.

Ia menilai dengan penghapusan ketentuan tersebut ia memproyeksikan dalam lima tahun ke depan kunjungan perahu pesiar mencapai 5000 perahu dan kunjungan kapal pesiar asing mencapai 1000 kapal pesiar. “Dengan begitu akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Indonesia,” ujar dia.

Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved