Firmus Solusindo Perkenalkan Solusi untuk Distributor dan Prinsipal

Firmus Solusindo Perkenalkan Solusi untuk Distributor dan Prinsipal

Sekarang teknologi tidak dapat dipisahkan dari dunia industri. Di industri distribusi, kehadiran teknologi informasi (TI) tetap mutlak. Misalnya, bagaimana perusahaan distribusi dengan multiprinsipal dan multicabang mampu dengan cepat mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan terkini tentang penjualan, persediaan, piutang, hutang, posisi kas dan biaya-biaya per prinsipal per cabang. Demikian pula untuk principal. Tentu saja, untuk kebutuhan TI di industri distribusi itu sudah ada solusinya.

Memang kini banyak solusi distribusi yang ditawarkan para vendor luar. Tetapi, jangan lupa, proses bisnis industri distribusi di Indonesia tergolong unik. Banyak kasus lokal yang harus bisa diadopsi oleh aplikasi distribusi yang hendak diterapkan. Misalnya, pengiriman barang langsung dilakukan prinsipal tanpa adanya purchase order distributor, dan pada saat itu juga barang sudah harus dijual distributor ke outlet. Penjualan harus dapat dilakukan dengan UOM (Unit Of Measure) yang berbeda, dengan harga jual sesuai UOM-nya. Nah, masalah lokal itu sering kali belum diakomodasi oleh aplikasi buatan vendor luar. Kalau pun ingin memakai aplikasi dari luar harus mempertimbangkan upaya modifikasi, yang terkadang biayanya tidak murah.

Namun, tak perlu khawatir. Sebuah vendor lokal bernama PT Firmus Solusindo telah memiliki solusi jitu untuk mendukung kebutuhan industri distribusi: FIRMUS DMS. “FIRMUS DMS secara khusus telah dirancang untuk memenuhi kebutuhan Distributor dan Prinsipal dalam menjalankan roda bisnisnya,” ujar Liem Tat Seng, Chief Technology Officer PT Firmus Solusindo.

FIRMUS DMS merupakan suatu hasil dari kombinasi pengalaman bertahun-tahun dalam mengembangkan sistem aplikasi software. Juga, hasil pemahaman yang mendalam tentang dunia distribusi, ICT terkini, metodologi implementasi yang tepat guna, dan help desk support yang efisien. Kelima expertise tersebut menjadi pilar utama dalam melahirkan produk dan jasa yang mumpuni, baik secara sistem, fitur, teknologi, kemudahan pemakaian dan after sales support. Dengan begitu, FIRMUS DMS dapat dikategorikan sebagai Next Generation Distribution Management Solution.

Dengan berfokus pada kebutuhan bisnis prinsipal dan distributor, maka FIRMUS DMS mampu memberikan seamless integration antara Prinsipal-Distributor, sehingga keduanya dapat lebih berfokus pada pasar (market centric). Duplikasi data dan inconsistent data yang selama ini menjadi kendala besar bagi prinsipal dan distributor, yang sangat melelahkan dan mahal untuk diselesaikan, akan hilang ketika menggunakan solusi ini. “Tersedianya informasi dan analisis yang akurat dan terkini, memberikan peluang bagi prinsipal dan distributor untuk memahami pelanggan dan pesaing dengan lebih baik, detail dan spesifik,” ujar Liem.

Dijelaskan Arif Zulkarnain, Senior DMS Consultant Firmus Solusindo, proses bisnis yang tertanam di dalam FIRMUS DMS memungkinkan distributor untuk melakukan streamline supply chain operation. Selain itu, pembelian akan terkontrol dengan lebih baik, dapat dilakukan optimalisasi inventori, penjualan dengan harga jual dan diskon berjenjang yang komplek dan sangat bervariasi dapat diproses dengan sangat mudah, cepat dan akurat. “Inventori, outlet dan sales force akan dapat dikelola dengan lebih optimal,” tegas Arif.

Menurutnya, melalui Shipment Order Processing yang user friendly yang ada di FIRMUS DMS, maka pengiriman barang dapat dikelola dengan efisien. Dengan begitu, dapat menghemat waktu dan biaya pengiriman. Bahkan, bila diperlukan proses lebih lanjut untuk memonitor pergerakan armada angkutan, maka telah tersedia GPS System yang terintegrasi dengan shipment order di dalam Fleet Management. Demikian pula proses klaim ke prinsipal dan penagihan ke outlet yang tinggi volumenya, bervariasi cara penyelesaiannya, dan sangat sensitif, dapat diproses dengan mudah dan terkendali melalui Claim Management dan Collection Management. Kedua modul ini terintegrasi dalam Cash Management.

“FIRMUS DMS ini bermanfaat bagi prinsipal dan distributor, agar keduanya menjadi satu kesatuan fokus ke pasar. Selain itu, mampu meng-cover semua aspek distribusi, misal harga jual dan diskon beragam, berdasarkan kanal,” ujar Arif. FIRMUS DMS juga mampu memperbaiki proses bisnis berdasarkan informasi. Misalnya, barang tidak terkirim, salah kirim dan sebagainya. Merencanakan penjualan, tagihan, klaim dengan lebih baik. Dan, cash management, memonitor penerimaan dan pengeluaran uang dengan akurat.

Semua kegiatan tersebut secara realtime akan ter-posting ke General Ledger. Dengan begitu, distributor secara instan dapat memperoleh informasi per prinsipal per cabang tentang profitability, penjualan, harga pokok penjualan, inventori, biaya operasional beserta detail status kas dan banknya. Semakin detail biaya dapat diurai, maka semakin tajam laporan laba/rugi yang dapat dihasilkan.

Dengan backbone Web based technology yang terkini, maka informasi dan analisa dapat diperoleh dengan sangat mudah secara realtime—dimanapun, lintas negara, lintas propinsi—asalkan tersedia koneksi yang memadai. Bandwidth yang dibutuhkan juga sangat minim, hanya 14,4 Kbps per user. Arsitekturnya sangat scalable, bisa dimulai dari beberapa, puluhan, ratusan hingga ribuan user. Ini dimungkinkan, karena infrastrukturnya menggunakan Oracle. Juga, sangat fleksibel, modular, configurable, dan bila diperlukan High Availability pun sudah disiapkan.