Management Trends

Pelindo I Garap Pasar Logistik

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I mengembangkan bisnis logistik dengan menggandeng PT Bintang Dagang Internasional (Haistar) dan PT Inti Digital Logistik (Lodi). Kerja sama tersebut diharapkan dapan menjadikan perseroan sebagai BUMN pengelola pelabuhan pertama yang fokus mendukung pengembangan industri e-commerce.

Penjajakan kerja sama tersebut meliputi penyediaan gudang, manajemen pergudangan, dan pengiriman barang yang berhubungan dengan bisnis e-commerce di pelabuhan-pelabuhan milik Pelindo I maupun pelabuhan di seluruh wilayah di Indonesia.

“Saat ini salah satu fokus Pelindo I adalah terjun ke bisnis e-logistic melalui kerjasama dengan menggandeng para pelaku bisnis logistik nasional maupun internasional,” kata Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pelindo 1, Prasetyo.

Sinergi tersebut, menurutnya, untuk mengoptimalkan seluruh potensi logistik dengan pemanfaatan Internet of Things (IoT). “Kesempatan yang sangat baik bagi Lodi bisa menjalin kerjasama dengan Pelindo I dalam pengelolaan fulfillment service yang berhubungan dengan e-commerce dan dapat mempercepat rencana Lodi untuk melakukan ekspansi di luar Pulau Jawa,” terang Direktur Utama Lodi, Zico Prinusa Gosal.

Ke depan, Pelindo I berencana melakukan kolaborasi strategis dengan pemain logistik internasional seperti DHL, Amazone, dan Alibaba untuk pengembangan bisnisnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved