Personal Finance

Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun

Oleh Editor
Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun
Foto: Istimewa/ilustrasi

Kesalahan beberapa perusahaan di Indonesia sering kali baru mengarahkan karyawannya mengenai informasi pensiun dalam waktu 3 tahun saat akan pensiun. Faktanya, persiapan dana pensiun akan mengalami kesulitan jika hanya memiliki waktu singkat. Lebih baik karyawan sudah paham betul akan perencanaan keuangan bahkan saat baru masuk kerja di suatu perusahaan.

Bicara mengenai pensiun, otomatis pendapatan dan gaya hidup sudah tidak 100% seperti saat kita masih produktif. Butuh banyak waktu untuk mempersiapkan dana pensiun agar dapat menikmati waktu pensiun dengan tenang tanpa memusingkan lagi akan kebutuhan hidup yang diperlukan. Maka dari itu, mempersiapkan dana pensiun lebih dini, lebih baik untuk dilakukan.

Rista Zwestika, CFP® selaku Perencana Keuangan Finansialku.com membagikan tips yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun.

Pertama, stop main-main! Sejak dini lebih baik sudah mengatur uang dengan tidak menghamburkan uang untuk yang tidak penting. Setidaknya, jika kita sudah memasuki usia 40 tahun, sangat diharapkan untuk tidak main-main lagi dengan pengeluaran keuangan, bahkan lebih baik jika sudah mengatur uang sejak sedini mungkin. Karena waktu tidak bisa dibayar dengan uang. Jangan sampai juga kita masuk pada kategori sandwich generation yang akan merugikan diri sendiri dan generasi selanjutnya.

Kedua, tentukan usia pensiun. Misal kita akan pensiun di usia 55 tahun. Kita bisa hitung berapa dana yang bisa kita persiapkan untuk kebutuhan hidup sampai usia rata-rata hidup manusia, yaitu 80 tahun. Maka hitung berapa dana pensiun untuk 25 tahun kehidupan pensiun kita nanti.

Ketiga, mulai hitung persiapan dana pensiun. Misal usia kita sekarang adalah 45 tahun dan akan pensiun pada usia 55 tahun. Hitunglah berapa dana persiapan pensiun yang diperlukan dalam waktu 10 tahun. Berapa yang harus dipersiapkan dan berapa dana ideal yang akan digunakan saat pensiun nanti. Hitung biaya yang harus kita siapkan secara detail. List biaya yang perlu disisihkan dalam waktu 10 tahun perbulannya.

Keempat, sisihkan uang dengan cara berinvestasi, saham, atau sebagainya. Rista menyarankan untuk melakukan bisnis yang bisa dilakukan untuk membantu kebutuhan setelah pensiun nanti, misalnya mengelola franchise mulai dari sekarang.

Semakin banyak waktu kita mempersiapkan dana pensiun, semakin sejahtera juga kita menikmati masa pensiun kita nanti. (Thika Widi Butar Butar)

Artikel ini diproduksi oleh tim finansialku.com untuk swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved