Trends

Inisiatif V20 bagi Pemulihan Global

Inisiatif V20 bagi Pemulihan Global
[Kiri-kanan] Kartika Wirdoatmodjo (Deputi II Kementerian BUMN), Dr. Ghazi Binzagr (Pendiri V20 Global serta anggota Dewan Syuro Kerajaan Arab Saudi), Alissa Wahid (Duta SGDs Indonesia dan Ketua Tanfidziyah PBNU), Prof. Makarim Wibisono (Co-Sherpa V20 2022), Aziz Armand (Wakil Direktur Utama dan CEO Group Indika Energy)

Sebuah Komunike bertema Values at the Center akan diluncurkan pada Pertemuan Puncak Values20 atau V20 Summit 2022, yang akan berlangsung pada 20 -21 Oktober di Green School, Ubud, Bali. V20 2022 Summit menghadirkan sekitar 50 pembicara dari sembilan negara. Mereka akan menghimpun, memperkaya, sekaligus membagikan nilai-nilai terbaik dalam bentuk rekomendasi kebijakan yang dirangkai dalam Komunike V20 2022 guna menyokong Presidensi G20 Indonesia.

Mengawal tiga pertemuan puncak V20 di Arab Saudi pada tahun 2020, Italia pada tahun 2021, dan Indonesia di tahun ini, Pendiri V20 Global serta anggota Dewan Syuro Kerajaan Arab Saudi, Dr. Ghazi Binzagr menyampaikan, V20 berkomitmen untuk memanfaatkan kekuatan besar dari para peneliti dan para praktisi di bidang nilai untuk berbagi pengetahuan serta menjadi sumber inovasi bagi rancangan kebijakan untuk dampak yang lebih signifikan.

Melalui Komunike yang akan diluncurkan, V20 2022 Summit menelurkan sejumlah rekomendasi kebijakan berbasis-nilai bagi Presidensi G20 Indonesia dan dunia. “Komunike V20 2022 hadir secara kreatif dan interaktif sehingga manfaat dan tujuannya mudah dipahami. Sasaran Komunike tentu bukan hanya jaringan global V20, tapi publik luas,” tegas Co-Sherpa V20 2022 Prof. Dr. Makarim Wibisono yang juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2004- 2007.

Berduet dengan Makarim sebagai Co-Sherpa V20 2022, Alissa Wahid—kini Duta SGDs Indonesia dan Ketua Tanfidziyah PBNU—menjelaskan bahwa V20 2022 Summit merupakan ajang untuk Indonesia mengajak dunia bergerak bersama menuju pemulihan global di atas fondasi nilai. Alissa yang dikenal aktif dan persisten mendorong kehadiran nilai-nilai unggul individu dalam kebijakan publik juga menyatakan bahwa Values at the Center sebagai tema utama Komunike sungguh tepat.

Saat ini, V20 2022 Summit menghadapi setidak-tidaknya dua tantangan krusial di tataran global. Pertama, pecahnya perang Rusia – Ukraina pada tahun ini yang menimbulkan rentetan krisis pangan dan energi. Kedua, tantangan yang sudah disadari sejak lama yaitu perubahan iklim. Permasalahan-permasalahan ini tentu tidak dapat dihadapi sendiri-sendiri oleh setiap negara tapi membutuhkan pendekatan dan kesepakatan multilateral. Urgensi lain yang perlu terus dikawal adalah proses kebangkitan dunia setelah dilanda pandemi global sejak Maret 2020.

Menghadapi isu-isu tersebut, V20 percaya bahwa nilai-nilai integritas, tanggung-jawab, keadilan, darmabakti, belarasa, dan gotong royong harus dipegang teguh sebagai landasan pemulihan global yang berkelanjutan.

Selain pemulihan kesehatan, dunia juga amat menantikan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Ekosistem bisnis pun turut menghadapi banyak tantangan global saat ini. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mendorong pelaku bisnis nasional dan global untuk menerapkan keutamaan nilai dalam langkah dan pengambilan keputusan usaha. “Penerapan strategi bisnis pun harus berlandaskan pada nilai yang kuat dan efektif. Beberapa pelaksanaan inisiatif strategis di Kementerian BUMN didorong berlandaskan pada nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) yang berkaitan erat dengan dasar negara Indonesia. Program ini diharapkan dapat menjadi program berskala nasional sehingga dapat mendorong Indonesia menjadi negara yang kuat dan maju di tahun 2045.” ujar Kartika.

Sebagai salah satu pelaku bisnis energi di tanah air, Wakil Direktur Utama dan CEO Group Indika Energy, Azis Armand meyakini implementasi nilai-nilai di dunia bisnis merupakan pendekatan strategis dalam meningkatkan pertumbuhan: “Bisnis mustahil dikembangkan tanpa basis nilai-nilai unggul. Prinsip ini berlaku secara universal. Maka tumbuhnya kesadaran atas nilai perlu terus-menerus kita dorong,” tutur Azis.

Pada hari terakhir Summit, Co-Chairs V20 2022, Meike Malaon, Penggagas Nenilai dan Direktur Dayalima serta Yuri Yogaswara, Penggagas Nenilai sekaligus CEO Daya Dimensi Indonesia, akan menyerahkan “tongkat estafet V20 2023” kepada India sebagai pemegang tongkat Presidensi G20 selanjutnya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved