Personal Finance

Investasi Tepat untuk Para Freelancer

Oleh Editor
Investasi Tepat untuk Para Freelancer
Foto: Istimewa/ilustrasi

Freelancer adalah pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang tanpa terikat kontrak, tetapi tetap memiliki ikatan kerja sesuai kesepakatan kedua pihak. Saat ini pekerjaan menjadi seorang freelancer sudah banyak dilirik masyarakat. Terbukti jumlah freelancer di Indonesia saja pada tahun 2020 sudah mencapai 33,34 juta orang. Angka tersebut melonjak sekitar 26% atau 4,32 juta dari tahun sebelumnya. Salah satu faktor utama mengapa pekerjaan ini banyak diincar adalah karena jam kerjanya yang flexible.

Namun, tidak seperti pekerjaan lainnya yang sudah pasti mendapatkan gaji tetap perbulan, gaji untuk freelancer sendiri tidak menentu. Bisa jadi bulan ini gajian, namun bulan berikutnya tidak. Hal inilah yang menjadi permasalahan keuangan seorang freelancer. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut ialah dengan menabung dan berinvestasi. Supaya saat sedang tidak menerima gaji, freelancer tetap memiliki simpanan uang.

Pentingkah Investasi untuk Seorang Freelancer?

Investasi sendiri merupakan satu cara yang cukup efektif untuk membantu setiap orang dalam mencapai tujuan keuangannya.

Secara definisi investasi diartikan sebagai kegiatan menanamkan aset atau modal, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi penanam modal dalam jangka waktu tertentu yang telah ditargetkan.

Pertanyaannya adalah, sudahkah kamu yang berprofesi sebagai freelancer melakukan investasi? Jika belum, sebaiknya kamu mengetahui beberapa alasan mengapa investasi sangat penting dilakukan.

#1 Membangun Kehidupan di Masa Depan

Melakukan investasi, berarti kamu sudah peduli dengan kehidupan di masa depan. Misalnya kehidupan di masa tua, pendidikan anak, jaminan kesehatan, dan masih banyak lagi. Dengan melakukan investasi, kamu tak perlu merasa kebingungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di saat sudah tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan.

#2 Memperkecil Kemungkinan Terjerat oleh Utang

Salah satu risiko yang akan kamu hadapi jika tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik adalah jeratan utang. Utang seringkali dijadikan sebagai solusi instan atau jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan di saat kondisi keuangan sedang tidak baik.

Biasanya utang menjadi konklusi sikap tidak peduli terhadap kondisi finansial dan hanya mengutamakan keinginan saja.

#3 Penghasilan Tetap di Masa Pensium

Di masa pensiun tentu kita tidak lagi memiliki penghasilan layaknya saat masih bekerja. Sehingga banyak sekali orang yang memiliki masalah keuangan yang cukup serius di masa-masa pensiun. Tak jarang, banyak sekali orang yang tak mampu memenuhi kebutuhannya hingga harus berutang.

Nah, dengan investasi kamu masih bisa mendapatkan penghasilan tetap walau di masa pensiun. Sebab aset dari produk investasi akan menghasilkan keuntungan yang nantinya bisa kamu manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tips Berinvestasi untuk Seorang Freelancer

Meskipun secara pendapatan sangan fluktuatif, berinvestasi bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan oleh seorang freelancer. Dengan cara yang tepat, investasi dapat dilakukan dengan efektif. Menurut Rizqi Syam, CFP selaku Perencana Keuangan Finansialku.com, sebelum memulai investasi, para freelancer harus mengetahui tujuan investasi, mengetahui jenis-jenis investasi, dan mengetahui profil risiko. Setelah itu barulah bisa menetapkan alokasi investasi dengan tepat.

Artikel ini diproduksi oleh tim Finansialku.com untuk swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved