Technology Trends

4 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Fintech di 2023

4 Hal Ini yang Akan Terjadi pada Fintech di 2023
Ilustrasi perusahaan teknologi digital keuangan (fintech) (Shutterstock)

Sektor financial technology (fintech) pada 2021 lalu mencatat rekor dalam investasi dan tahun ini masih terus booming. Nigel Green, CEO dan Pendiri DeVere Group salah satu organisasi penasihat keuangan, manajemen aset dan fintech terbesar di dunia menyebutkan, ada tingkat investasi sekitar US$ 130 miliar ke dalam fintech pada tahun 2021.

“Walaupun pertumbuhan ekonomi yang melambat di seluruh dunia dengan masalah rantai pasokan, inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga, fintech terus membentuk dan mendefinisikan kembali bagaimana layanan keuangan disampaikan secara menyeluruh dengan memerhatikan minat konsumen dan calon investor yang selalu tinggi,” ungkapnya dikutip pada keterangan tertulis, Senin, 12/12/2022.

Menurut Nigel, ada empat prediksi yang akan terjadi pada dunia fintech di tahun 2023

Pertama, bank tradisional akan didorong untuk masuk ke dalam ruangan dunia fintech. “Mereka telah berada dalam permainan ‘mengejar’ di tengah berkembangnya harapan pelanggan, persyaratan peraturan, dan kemajuan teknologi dan ini hanya diharapkan untuk meningkatkan momentum. Mengapa? Dua alasan: pertama, generasi milenial merupakan kelompok klien dengan pertumbuhan tercepat; dan kedua, karena mereka menjadi penerima Transfer Kekayaan Terbesar dalam sejarah,” katanya.

Dalam perkiraannya, kekayaan senilai US $68 triliun akan diwariskan dari para baby boomer-generasi terkaya yang pernah ada kepada anak-anak mereka dan ahli waris lainnya (milenial) selama beberapa dekade mendatang.

“Milenial tumbuh dengan teknologi. Mereka adalah ‘penduduk asli digital’. Mereka telah dipengaruhi oleh lonjakan besar dalam teknologi saat mereka memasuki usia dewasa yang terjadi bersamaan dengan kehancuran finansial global yang melanda pada tahun 2008. Dengan latar belakang ini, mereka tampaknya merasa nyaman menggunakan tekfin untuk membantu mereka mengakses, mengelola, dan menggunakan uang mereka daripada menggunakan bank tradisional.

Menurut catatan buku yang berjudul ‘Milenial + uang: Perjalanan tanpa filter’, sebesar 92% generasi milenial tidak mempercayai bank dan banyak yang melihatnya sebagai sumber informasi yang tidak dapat diandalkan. Generasi milenial yang mobile-first tampaknya mengharapkan akses dan kontrol keuangan yang mudah dan cepat di telapak tangan mereka. Serta, menuntut untuk bisa mentransfer uang dan membayar tagihan dalam sekali tap atau swipe. Mereka ingin dapat meninjau kebiasaan belanja mereka, ditawari panduan, dan memiliki akses waktu nyata.

Kedua, akan ada pengawasan regulasi yang lebih besar. “Ini akan terjadi karena layanan tekfin semakin tertanam dalam entitas yang tidak diatur. Dengan demikian, pengawas di seluruh dunia akan berusaha untuk lebih melindungi pelanggan dengan meningkatkan peraturan, dengan fokus khusus pada akuntabilitas dan transparansi,” imbuhnya

Ketiga, data akan menjadi fundamental. “Akan ada peningkatan penekanan dalam mengeksplorasi metode baru untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggunakannya untuk membedakan proposisi berbasis klien perusahaan,” tambahnya.

Terakhir, Asia akan terus menjadi pusat revolusi fintech. “Kami menghubungkan ini dengan beberapa faktor kunci. Ini termasuk pendekatan proaktif terhadap inovasi oleh regulator; banyaknya bank virtual; pengembangan ekosistem teknologi yang lebih luas, khususnya application programming interfaces (API); dan masuknya raksasa keuangan dan teknologi China ke sektor ini,” jelasnya.

Meskipun dunia tertatih-tatih di tepi resesi global, pihaknya berharap investasi fintech akan terus membangun momentum di tahun 2023 karena meningkatkan pengalaman pelanggan dan semakin diminati. Ini juga membantu perusahaan meningkatkan efisiensi, meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved