Trends

Menhub Imbau Cuaca Ekstrem Saat Berpergian Libur Nataru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau jalur tol Jakarta-Cikampek (Foto: Dokumentasi Kemenhub)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi di akhir tahun bersamaan dengan masa libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. Hal tersebut disampaikan Budi saat meninjau jalur tol Jakarta-Cikampek bersama Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian.

“Kami telah berkoordinasi dengan BMKG dan BNPB untuk mengantisipasi potensi cuaca yang tidak bersahabat pada akhir tahun. Pada tahun 2020, kita ada suatu masalah banjir di jalur tol. Untuk itu saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada adanya risiko banjir. Kalau tidak terlalu penting untuk bepergian, sebaiknya rekreasi di Jakarta saja,” kata Budi dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Budi mengatakan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak di antaranya, Kepolisian, BMKG, Kementerian PUPR, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya untuk menyiapkan sejumlah upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan, dan menanggulangi risiko banjir. Ia mengatakan, untuk menanggulangi banjir di jalan tol akibat cuaca ekstrim, dilakukan dua hal yaitu membuat gorong-gorong di jalan tol dan melakukan rekayasa hujan.

Warga yang melakukan perjalanan saat libur nataru diminta untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas disiapkan pemberlakukan manajemen rekayasa lalu lintas seperti, one way dan contra flow. “Korlantas Polri memiliki kewenangan untuk menerapkan rekayasa lalu lintas di lapangan, namun saya minta rekan-rekan kepolisian dalam menerapkan rekayasa lalin juga memperhatikan dampak yang akan terjadi di cabang-cabang jalan lainnya dan jalur di arah balik,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved