Trends

Emirates Rampungkan Uji Coba Mesin 100% Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan

Pesawat Emirates dengan 100% Bahan Bakar Berkelanjutan (Foto: Emirates)

Emirates telah merampungkan uji coba darat untuk salah satu mesin GE90 pada Boeing 777-300ER menggunakan 100% Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF). Uji coba darat dilakukan secara menyeluruh untuk membandingkan kinerja dari berbagai jenis bahan bakar di mesin pesawat sebelum melakukan uji coba penerbangan.

Tujuan dari uji coba dan analisis ini adalah untuk mendemonstrasikan kemampuan mesin GE90 dengan 100% bahan bakar SAF agar beroperasi dengan baik tanpa memengaruhi kinerja, modifikasi pada sistem pesawat, ataupun prosedur perawatan khusus pada Boeing 777-300ER atau mesin GE90.

Penggunaan bahan bakar SAF dapat mengurangi emisi karbon selama siklus bahan bakar hingga 80%. Hasil uji coba darat tersebut membuka jalan untuk uji coba penerbangan pertama maskapai dengan 100% bahan bakar SAF untuk satu mesin, yang direncanakan akan lepas landas minggu ini.

Pengujian akan dilakukan dengan satu mesin menggunakan SAF 100% dan mesin lain menggunakan bahan bakar jet konvensional untuk menganalisa kinerja sistem mesin dengan bahan bakar yang berbeda, dan membandingkan keluaran dari setiap mesin, serta memastikan pengoperasian mesin pesawat dan sistem bahan bakar badan pesawat berjalan dengan lancar saat uji coba penerbangan.

Langkah pertama pada uji coba darat di fasilitas Emirates Engineering Centre di Dubai adalah kegiatan pra-inspeksi standar pesawat. Setelah itu, uji coba operasi stasioner (stationary operating testing) dimulai dengan menjalankan unit daya tambahan (APU) Honeywell 331-500 dengan 100% bahan bakar SAF terlebih dahulu.

APU kemudian dibawa ke muatan penuh dengan SAF untuk menyalakan mesin dengan bahan bakar SAF untuk menyalakan mesin. Mesin kiri dijalankan dengan tenaga penuh dan dengan pengaturan yang akan digunakan dalam uji coba penerbangan nanti,termasuk pada saat pesawat dalam posisi idle, take off, dan climb settings selama durasi profil

penerbangan penuh dengan kecepatan dan intensitas maksimal.Mesin kemudian dijalankan pada pengaturan ‘cruise’ selama 15 menit dan didinginkan setelah simulasi selesai.

Bahan bakar yang telah digunakan untuk uji coba akan diisolasi dalam tangki terpisah sebagai bahan bakar khusus untuk uji coba. Setelah uji coba darat selesai, data mesin yang telah digunakan diunduh untuk ditinjau, dibandingkan, dan dianalisis.

Emirates, GE Aerospace, dan Boeing menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengembangkan program uji coba penerbangan

menggunakan 100% bahan bakar SAF pada Emirates 777-300ER yang dijalankan oleh mesin GE90 pada pegelaran Dubai Airshow 2021.

Emirates telah bekerja sama dengan mitranya GE Aerospace, Boeing, Honeywell, Neste, dan Virent Inc., anak perusahaan Marathon Petroleum Corp, sepanjang tahun 2022 dalam uji coba campuran bahan bakar SAF. Para mitra telah mengembangkan campuran dengan kualitas dan karakteristik kinerja yang sama dengan bahan bakar jet konvensional dan berkolaborasi dalam analisa teknis dan persyaratan operasional seputar uji coba darat dan penerbangan.

Kerja sama ini akan menghasilkan data dan studi tentang komponen campuran bahan bakar sintetik dan biofuel untuk mendukung standarisasi dan kesepakatan dalam menggunakan 100% bahan bakar SAF di masa mendatang. Pasca suksesnya uji coba pada satu mesin, Emirates terus mengembangkan inisiatif ini dengan produsen badan pesawat mesin dan penyedia bahan bakar SAF guna mensertifikasi campuran bahan bakar ini untuk penggunaan komersial. Saat ini, bahan bakar SAF disetujui untuk digunakan dalam campuran hingga 50% dengan bahan bakar jet konvensional.

Emirates mendukung pengembangan industri dan upaya pemerintah untuk mendorong pengembangan industri bahan bakar SAF, dan secara rutin berpartisipasi dalam inisiatif yang berkontribusi pada penggunaan bahan bakar SAF. Penerbangan pertama Emirates menggunakan

bahan bakar SAF yang dicampur dengan bahan bakar jet konvensional telah dilakukan pada 2017, beroperasi dari bandara Chicago O’Hare dengan Boeing 777. Emirates A380 beroperasi dengan bahan bakar SAF pada Desember 2020 dan telah menggunakan 32 ton bahan bakar SAF untuk terbang dari Stockholm di awal tahun ini, yang mendapat dukungan penuh dari Biofuel Incentive Programme oleh Swedavia.

Selain itu, penerbangan dari Oslo juga mulai beroperasi menggunakan bahan bakar SAF.Emirates tergabung dalam Steering Committee di World Economic Forum (WEF) Clean Skies for Tomorrow yang tengah mengupayakan penerapan bahan bakar SAF di seluruh dunia.Emirates juga telah berkontribusi dalam peta jalan SAF pemerintah UEA dan peta jalan Power-to-Liquids yang didukung oleh WEF untuk UEA.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved