Financial Report Capital Market & Investment

Raih Laba Rp6,6 Triliun, Ini Langkah CIMB di 2023

Salah satu cabang Digital Lounge CIMB Niaga. (dok. CIMB Niaga)

PT Bank CIMB Niaga Tbk.(BNGA) berhasil meraih laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp6,6 triliun pada 2022, naik 26,7% year-on-year (YoY) dan menghasilkan earnings per share atau valuasi nilai saham Rp202,2. Pada tahun 2023, CIMB akan tetap fokus pada lima pilar strategi jangka panjang.

“Di tengah pemulihan dan kebangkitan ekonomi Indonesia dari tantangan global, kami dapat menangkap peluang untuk mendorong pertumbuhan. Hal ini terlihat pada peningkatan laba sebelum pajak yang mencapai Rp6,6 triliun atau tertinggi hingga saat ini,” kata Direktur Strategy, Finance dan SPAPM CIMB Niaga Lee Kai Kwong dalam rilisnya (05/04/2023).

Rasio keuangan CIMB Niaga juga tercatat baik. Capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 22,2% dan 85,6% per 31 Desember 2022. “Total aset konsolidasian per 31 Desember 2022 adalah Rp307 triliun, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia,” ucap Lee.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp227 triliun dengan rasio CASA naik menjadi 63,6%. Hal ini, tambah Lee, sejalan dengan komitmen CIMB untuk terus membangun hubungan yang lebih erat dengan para nasabah, sekaligus meningkatkan pengalaman nasabah dalam memanfaatkan layanan digital CIMB Niaga.

Adapun jumlah kredit atau pembiayaan naik 9,4% YoY menjadi Rp199 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking (+12,1% YoY) dan Consumer Banking (+11,8% YoY). Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tumbuh 7,0% YoY, sementara Kredit Pemilikan Mobil (KPM) meningkat sebesar 35,3% YoY, termasuk kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF).

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia. Ini ditandai dengan total pembiayaan yang mencapai Rp49,3 triliun dan DPK sebesar Rp39,5 triliun per 31 Desember 2022.

Menurut Lee, 5 Pilar Strategi CIMB Niaga termasuk program transformasi digital di seluruh segmen bisnis tetap menjadi prioritas strategis jangka panjang CIMB Niaga. Di tahun 2023, CIMB Niaga akan fokus pada peningkatan basis nasabah ritel dan pertumbuhan CASA melalui kapabilitas digital, perbaikan kualitas aset, kontribusi pendapatan non-bunga, serta inovasi perbankan digital dengan teknologi terkini dan pilihan layanan yang luas untuk nasabah.

Perkembangan digital banking

Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung menyatakan, CIMB Niaga terus mengembangkan produk-produk berbasis digital untuk melengkapi layanan yang diberikan melalui kantor cabang. Per 31 Desember 2022, 97% dari total transaksi nasabah telah dilakukan melalui layanan branchless banking seperti Octo Mobile, Octo Clicks, Automated Teller Machines (ATM), dan Rekening Ponsel.

“Octo Mobile, digital super app CIMB Niaga, memimpin tren digitalisasi dan menyediakan berbagai kemudahan perbankan, mulai dari pilihan investasi dan pinjaman hingga kemudahan untuk gaya hidup, seperti pembelian tiket pesawat. Kami bangga menjadi salah satu pelopor dalam industri perbankan digital di Indonesia,” ucapnya.

Octo Clicks difokuskan untuk melayani nasabah high-valued dalam memenuhi berbagai transaksi yang bersifat kompleks dan massal, termasuk transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan Top-up. Fitur-fitur seperti financial check-up dan lifestyle, termasuk pemesanan pesawat, hotel serta voucher melengkapi rangkaian solusi yang tersedia dari CIMB Niaga.

“Di CIMB Niaga, kami juga berfokus pada customer centricity, salah satunya dengan terus memberikan nilai dan pengalaman yang unik, serta berbeda kepada nasabah dalam transaksi perbankan bersama CIMB Niaga. Kami bersyukur upaya tersebut meningkatkan net promoter score (NPS) dari tahun ke tahun. Pada 2022, skor NPS CIMB Niaga meningkat 12%, dari 38% menjadi 50%,” katanya.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved