Financial Report Capital Market & Investment

Ekspansi Produk Berhasil, HOKI Siap Perluas ke Investasi Keuangan

Langkah ekspansi PT Buyung Poetra Sembada (HOKI), emiten produsen beras merek Topi Koki dan Hoki mulai menunjukkan hasil. Hal ini ditunjukkan dengan penjualan produk DailyMeal dari anak usaha perseroan terus menunjukkan pertumbuhan signifikan seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat.

Penjualan produk DailyMeal dari anak usaha PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) telah tumbuh 40% QoQ menjadi Rp 631 juta pada Kuartal I 2023 ini. Sebelumnya pada Kuartal IV 2022 penjualan produk mencapai Rp 452 juta.

Pemasaran produk DailyMeal adalah bagian dari upaya transformasi bisnis perseroan ke sektor Fast Moving Consumers Goods (FMCG). Dalam hal ini, HOKI telah memiliki produk kreasi beras DailyMeal Eats dengan cita rasa kuliner Indonesia yang praktis untuk disajikan, serta produk beras sehat DailyMeal Rice untuk mendukung gaya hidup sehat.

Saat ini, HOKI sedang mengembangan produk beras merah dan beras porang sebagai tambahan dari varian dari produk beras sehat yang sudah dimiliki, yaitu beras singkong dan beras jagung. Produk beras sehat ini diklaim memiliki serat pangan yang tinggi, index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet.

“Tren gaya hidup sehat yang semakin menguat telah menunjang pertumbuhan penjualan produk makanan sehat DailyMeal yang baru mulai kita pasarkan sejak Juni tahun lalu. Kami akan terus mengembangkan inovasi untuk bisa menawarkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumsi masyarakat yang semakin bervariasi dan terus berkembang,” kata Direktur HOKI Budiman Susilo dalam rilis resmi, Selasa (02/05/2023).

Perkembangan penjualan produk DailyMeal tersebut membuat Perseroan makin optimis untuk terus melanjutkan ekspansi melalui transformasi bisnis ke sektor FMCG. Selain itu, HOKI siap melakukan ekspansi melebarkan rentang bisnis sebagai bagian dari strategi pertumbuhan Perseroan, dengan masuk ke bisnis investasi keuangan melalui pendirian PT Hoki Investasi Sejati dengan modal dasar Rp 100 miliar.

Berkat ekspansi sekaligus divestasi usaha Perseroan, serta menguatnya tren gaya hidup sehat yang turut membantu mendorong pertumbuhan penjualan tersebut, pada Kuartal I 2023 HOKI berhasil membukukan penjualan Rp 432,61 miliar melonjak 86% YoY dari Rp 232,35 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Namun, beban pokok penjualan melonjak lebih tinggi lagi, tercatat sebesar Rp 408,02 miliar, atau lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 202,28 miliar. Di tengah lonjakan beban biaya tersebut, HOKI masih mampu membukukan laba bersih tahun berjalan Rp20,76 juta.

“Melalui produk DailyMeal dari anak usaha kami HDN, HOKI bertekad untuk turut berpartisipasi dalam membangun masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Usaha itu diwujudkan melalui produk-produk beras sehat dengan kadar yang gula rendah seperti produk Beras Jagung dan Beras Singkong,” ucap Budiman.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved