Economic Issues

Kemenkeu Waspadai Empat Tantangan Global Ini

Wamenkeu Suahasil Nazara. (dok Kemenkeu)

Kementerian Keuangan mengadakan kegiatan Dialog Executive Training 2023 bertajuk Leadership Excellence, Keys For A Great Future yang diikuti Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Keuangan. Dalam kesempatan ini, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara meminta seluruh insan Kemenkeu mewaspadai empat tantangan global.

Suahasil mengungkapkan, saat ini terdapat empat tantangan global yang perlu terus diwaspadai, salah satunya yaitu pandemi yang memiliki kemungkinan akan terulang di masa mendatang. Ia meminta insan Kemenkeu siap dengan kondisi terburuk.

“Yakin nggak bahwa virusnya itu hilang? yakin nggak bahwa virusnya itu tidak akan pernah datang lagi? yakin nggak bahwa tidak akan pernah ada pandemi-pandemi berikutnya? Artinya pandemi meskipun bukan lagi Covid-19, mungkin bukan lagi virus, tapi situasi pandemi seperti kemarin memberikan kita pembelajaran ya kita harus siap dengan kondisi yang terburuk,” katanya, Jumat (23/6/2023).

Wamenkeu menyebut bahwa tantangan global berikutnya adalah mengenai teknologi digital yang terus berkembang dengan sangat cepat. Selain itu, pergerakan geopolitik yang sangat memengaruhi dunia, serta isu perubahan iklim yang mengharuskan transformasi ekonomi menuju ekonomi hijau.

Menurut Wamenkeu, transformasi ekonomi menuju green economy merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan berupaya membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih hijau, ia optimistis Indonesia akan mampu mencapai visi negara dengan Gross Domestic Product (GDP) 5 besar di dunia pada 2030 mendatang.

“Jadi tantangan kita ke depan adalah 4 hal ini. Kesiapsiagaan kepada pandemi, geopolitik yang akan terus berubah, digitalisasi yang enggak bisa kita bendung, dan arah menuju ekonomi yang harus menjadi lebih hijau,” ucap Wamenkeu.

Selain mewaspadai empat komponen tersebut, Suahasil berharap para jajaran pimpinan di Kementerian Keuangan juga dapat semaksimal mungkin memberikan pelayanan prima kepada para stakeholdernya, sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing unit eselon satu yang sangat beragam. Pelayanan kepada masyarakat harus terus ditingkatkan.

“Saya yakin teman-teman semua tahu bahwa yang kita inginkan adalah Kementerian Keuangan yang melayani. Ini akan menjadi salah satu pemikiran kita ke depan. Sedang mulai kita pikirkan betul karena pelayanan adalah satu dari 5 nilai Kementerian Keuangan, integritas, profesionalisme sinergi dan kesempurnaan serta pelayanan. Layanan ini yang berkaitan dengan stakeholder,” kata Suahasil menutup sambutannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved