Financial Report Capital Market & Investment

HOKI Bagikan Dividen Rp9,7 Miliar dan Ekspansi Produk Beras Sehat

Public Expose emiten beras HOKI. (Ubai/SWA)

Para pemegang saham PT Buyung Poetra Sembada (HOKI) menyetujui pembagian dividen tunai sekitar Rp9,7 miliar. Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (27/96/2023) kemarin. Dengan demikian sejak IPO di 2017, HOKI selalu konsisten membagikan dividen.

Keputusan pembagian dividen berdasarkan kinerja positif yang diraih HOKI pada 2022 lalu, meski laba bersih merosot. Penjualan tahun 2022 sekitar Rp925,7 miliar atau turun dari raihan Rp933,6 miliar tahun sebelumnya. Meski menurun 0,8%, namun perseroan mengaku masih bisa mempertahankannya.

Sementara itu, kinerja keuangan pada Kuartal I 2023 meningkat drastis. Produk DailyMeal yang belum genap setahun diluncurkan sukses diterima pasar, dengan pertumbuhan penjualan yang mencapai 91% QoQ. Oleh karena itu, perseroan akan segera melanjutkan ekspansi dengan memperluas distribusi produk DailyMeal keluar Jabodetabek, ke seluruh penjuru kota-kota besar di Pulau Jawa.

Direktur HOKI Budiman Susilo mengatakan, bersamaan dengan perluasan distribusi tersebut, perseroan akan meluncurkan beberapa varian produk baru di kategori beras sehat maupun sajian praktis beras berbumbu pada kuartal tiga dan empat tahun ini. Menurutnya, produk beras sehat memiliki potensi pasar yang baik karena kepedulian masyarakat terhadap kesehatan meningkat usai pandemi ini.

“Kami akan memperluas distribusi sekaligus memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen. Semakin banyak pilihan, membuat setiap orang bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya,” kata Direktur HOKI Budiman Susilo dalam Public Expose HOKI yang disiarkan melalui Zoom, Selasa (27/06/2023).

Penjualan produk DailyMeal dari anak usaha bernama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) telah tumbuh 91% QoQ menjadi Rp 1,28 miliar pada Kuartal I 2023 ini, dari Rp 670 juta pada Kuartal IV 2022. Hal ini menunjukkan, baik konsumen maupun jaringan ritel telah memberikan respon positif terhadap distribusi produk baru DailyMeal di Jabodetabek selama Semester I 2023.

“Penerimaan pasar yang baik terhadap produk-produk beras sehat DailyMeal tersebut semakin mengkonfirmasi adanya peningkatan segmen dari konsumen yang mulai mencari gaya hidup lebih sehat. Konsumen memiliki pilihan makanan yang lebih baik, lebih berkualitas, dan juga praktis,” tambah Budiman.

Pembuatan produk baru DailyMeal ini merupakan bagian proses transformasi bisnis yang sedang dilakukan Perseroan untuk menjadi produsen Fast Moving Consumers Goods (FMCG). Produk-produk baru HOKI tersebut berupa kreasi beras DailyMeal Eats dengan cita rasa warisan kuliner Indonesia yang praktis untuk disajikan, serta produk beras sehat, DailyMeal Rice, yang mendukung gaya hidup sehat.

Beras sehat yang diproduksi HOKI yaitu beras singkong dan beras jagung memiliki serat pangan yang tinggi, sehingga index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet. Saat ini, HOKI sedang mengembangan produk beras merah dan beras porang yang diharapkan akan bisa segera diluncurkan ke pasar.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved