Business Tips

Bagi Pengusaha, Inilah Proses agar Mendapatkan Pendanaan

Managing Partner Kejora Capital Andy Zain. (Dok YT YOT)

Young On Top sukses menyelenggarakan event tahunan terbesarnya, Young On Top National Conference (YOTNC) 2023 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Sabtu (15/07/2023). Dalam acara ini, Managing Partner Kejora Capital Andy Zain mengungkapkan tentang bagaimana proses untuk mendapatkan pendanaan.

Menurut Andy, ada empat proses untuk mendapatkan pendanaan yakni ide, orang, produk, dan Ttaction. Keempat inilah yang paling penting dalam proses mendapatkan pendanaan. Seseorang yang ingin mengajukan pendanaan harus datang dengan ide. Ide yang dibawa juga harus menarik dan cukup besar sesuai dengan kondisi pasar dan ditawarkan pada orang atau investor yang tepat.

“Jadi Anda ngomong ke orang yang berbeda, maka Anda harus punya approach yang beda juga. Contoh, kalau kita buat bisnis makanan, maka harus mencari investor yang tertarik pada bidang makanan juga. Jangan ngomong ke investor yang tertarik keuangan, ngomong (menawarkan) makanan,” ujar Andy.

Kedua people atau orang juga harus orang yang tepat. Artinya mempunyai track record yang sudah dikerjakan sebelumnya, kalau belum pernah dikerjakan sebelumnya maka carilah advisor partner yang bisa membantu.

“Karena biasanya investor takut kalau usaha yang ingin diberikan investasi itu belum mempunyai pengalaman. Jika belum punya pengalaman maka latihan dulu atau sekolah dulu, jadi orang itu bisa dari kemampuan diri sendiri atau mencari rekan yang relevan dengan bidang yang ingin dikerjakan dengan idenya,” ucapnya.

Proses ketiga adalah produk. Jika sudah memiliki ide yang bagus dan orang yang tepat untuk mengerjakan ide tersebut, maka jangan malu untuk membuat produknya terlebih dahulu. Banyak orang datang meminta pendanaan untuk bisa membuat produk.

“Banyak orang datang dan ngomong ke saya minta pendanaan, nanti kalau dapat pendanaan untuk buat produk. Bagaimana? Anda yang ingin menjadi pengusaha dan bermimpi kok saya yang harus bayarin? Seharusnya Anda kerjakan dulu, kami tertarik, kami baru support. Bikin dulu contohnya, bisnisnya, atau programnya, biar orang bisa lihat,” katanya.

Proses keempat adalah traction atau daya tarik. “Cari (orang atau brand) yang mau pakai, mencoba, atau membeli produk Anda. Traction itu tidak harus berjualan, kerja sama dulu. Saya sudah bikin bisnis, belum ada yang mau beli tetapi sudah ada partner atau mitra yang mau coba, maka ajak kerja sama,” ungkapnya.

Menurut Andy, empat proses tersebut dapat dikerjakan tanpa ada pendanaan. “Dan jangan cari investor kalau empat ini belum dikerjakan,” kata Andy menutup jawabannya.

Kejora Capital merupakan perusahaan pemberi pendanaan fokus pada usaha transformatif yang membawa dampak positif bagi dunia. Sejak didirikan pada tahun 2014, Kejora berfokus untuk membantu kesuksesan para pendiri dan bisnis di Asia Tenggara. Beberapa portofolio Kejora di antaranya Sicepat Expres, Kredivo, Investree, SWAP, Asaren, Dekoruma, Ohora dan masih ada beberapa perusahaan lain.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved