Financial Report Capital Market & Investment

Pendapatan MTDL Semester I 2023 Segmen Korporasi Naik Double Digit

Jajaran direksi MTDL. (dok MTDL)

Emiten Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Digital PT Metrodata Electronics (MTDL) Tbk.mengalami peningkatan pendapatan di segmen korporasi pada Semester I 2023. Segmen korporasi menyasar penjualan produk IT kepada system integrator di mana end user-nya adalah korporasi.

Peningkatan pendapatan dari pelanggan korporasi juga dirasakan oleh unit bisnis solusi & konsultasi yang bertumbuh double digit pada Semester I–2023 ini. Sebagaimana diindikasikan dari hasil survei Bank Indonesia (BI), telah terjadi peningkatan kegiatan usaha di triwulan kedua tahun ini.

Pada Semester I-2023, MTDL mencatatkan pendapatan konsolidasi sebesar Rp9,3 triliun, sekalipun masih turun 4% YoY, tetapi jika dibandingkan antar kuartal telah terjadi pertumbuhan pendapatan 7% QoQ. Pada periode ini MTDL berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp272,2 miliar atau tumbuh 0,3% YoY dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Proses pemulihan bisnis dirasakan di segmen consumer dari unit bisnis distribusi, di mana pada Kuartal I-2023 sempat terdampak dari pelemahan permintaan Notebook & PC, namun pada Kuartal II-2023 ini sudah membukukan pertumbuhan yang positif sebesar 7% QoQ. Sedangkan pada segmen korporasi terus memberikan kontribusi yang solid hingga semester I-2023, menopang unit bisnis distribusi dengan pertumbuhan segmen commercial sebesar 18% YoY.

“Sekalipun total pendapatan unit bisnis Distribusi masih turun 6% YoY, tetapi jika dilihat perkembangan antar kuartal, akibat pemulihan yang terjadi di segmen consumer dan pendapatan yang solid dari segmen commercial telah mendorong kenaikan pendapatan unit bisnis Distribusi 18% QoQ,” kata Presiden Direktur MTDL Susanto Djaja, Jumat (21/7/2023).

Sementara itu, unit bisnis solusi & konsultasi berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan 13% YoY pada semester I 2023. Di antara 8 pilar bisnis solusi & konsultasi, solusi cloud menjadi highlight utama dibandingkan solusi lainnya, berkontribusi sebesar 43% dari total order booking 8 pilar.

Susanto Djaja mengatakan, Indonesia sebagai salah satu yang memiliki populasi internet terbesar di dunia dengan lebih dari 200 juta pengguna internet, Perseroan optimistis pertumbuhan solusi cloud akan berkelanjutan. Selain itu, semakin bertumbuhnya data center yang dibangun di Indonesia akan semakin mempercepat penetrasi internet individu dan perusahaan.

“Kami ke depan akan meningkatkan adopsi layanan berbasis Cloud. MTDL berhasil mempertahankan pertumbuhan yang signifikan pada segmen Cloud sebesar 21% YoY pada semester I 2023,” ujarnya.

Jika melihat perkembangan bisnis TIK digital di Tanah Air, serta melihat pertumbuhan pendapatan MTDL pada kuartal kedua yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, Djaja yakin bahwa pemulihan bisnis TIK digital sedang berlangsung. “Kami berharap, proses pemulihan ini akan terus berlanjut sehingga MTDL bisa terus mencatatkan percepatan pertumbuhan pendapatan yang signifikan,” katanya.

Di sisi lain, keberhasilan Indonesia sebagai salah satu negara di dunia dengan proses pemulihan pasca covid yang cepat, dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan akan bisa mencapai 5,3% pada akhir tahun 2023, telah membuat banyak vendor menjajaki kerja sama dengan MTDL. Baru-baru ini unit bisnis distribusi menjajaki kerja sama di bidang produk smart home, audio visual, bahkan layanan cloud untuk B2B dan B2C. Sedangkan unit bisnis solusi & konsultasi telah menjalin kerja sama dengan beberapa vendor untuk pengadaan solusi supply chain, solusi pemantauan berbasis cloud, hingga pemrosesan data.

Sementara itu, dari seluruh pendapatan Perseroan pada Semester I-2023 ini, unit bisnis distribusi memberi kontribusi sebesar Rp6,9 triliun. Sementara unit bisnis solusi & konsultasi mencatatkan pendapatan sebesar Rp 2,9 triliun. Sehingga unit bisnis distribusi masih berkontribusi secara mayoritas pada total pendapatan konsolidasi yaitu sebesar 71%.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved