Technology Trends

Dana Bisnis Dorong Kenaikan Transaksi UMKM hingga 66,33%

Dana turut serta dalam transformasi digital pelaku UMKM.

Perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital Dana turut serta dalam Peringatan Hari UMKM Nasional 2023 di Solo, 12 Agustus kemarin. Dalam mengembangkan UMKM, pemerintah terus mendorong transformasi digital UMKM agar lebih maju dan naik kelas, salah satunya dengan menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),

“Guna mendorong transformasi digital dan memperluas akses pembayaran secara digital, QRIS memiliki peranan penting dalam memberikan opsi pembayaran non-tunai dari masyarakat kepada UMKM. Hal ini penting agar UMKM Indonesia bisa terus bertahan sesuai dengan perkembangan zaman,” kata Menteri Koperasi dan UKM teten Masduki.

Dana pun ikut berpartisipasi dengan mendorong pembayaran digital melalui QRIS. Sebelumnya, Dana juga telah mengimplementasikan dan mensosialisasikan QRIS sejak tahun 2020 untuk seluruh mitra guna meneguhkan pembayaran digital yang inklusif, dengan pengalaman transaksi yang lebih mudah, aman, dan cepat.

Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Dana Indonesia menyatakan, keterlibatan Dana dalam mendigitalisasi pelaku usaha telah diwujudkan sejak lama, baik melalui fitur, layanan, hingga edukasi yang ditujukan untuk mendukung keberlanjutan usaha. Salah satu langkah nyata tersebut diimplementasikan dengan adanya fitur Dana Bisnis, yang kini sukses menjangkau dan mendigitalisasi lebih dari 650,000 UMKM di berbagai penjuru di Indonesia.

“Kemudahan dan keamanan yang ditawarkan fitur ini, juga turut berdampak dalam pertumbuhan positif transaksi pelaku UMKM yang tergabung sebagai mitra Dana Bisnis. Dana mencatat para pelaku UMKM mengalami kenaikan transaksi hingga 66,33% sejak mendigitalisasi usahanya lewat Dana Bisnis,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (16/8/2023).

Selain itu, dukungan terhadap UMKM pun terus digulirkan melalui berbagai inisiatif sosial untuk memastikan setiap pelaku UMKM mampu mengembangkan potensi serta meningkatkan literasinya. Inisiatif sosial ini ditempuh dengan menggelar pelatihan dan pendampingan yang berkaitan dengan topik terkini, seperti manajemen bisnis, manajemen keuangan, dan pemasaran digital.

Pelatih dan pendampingan yang diinisiasi Dana telah berjalan di berbagai kota seperti Semarang, Kepulauan Riau, Pontianak, Palembang, Pekanbaru, hingga Jayapura, dan diikuti oleh lebih dari 750 UMKM mitra Dana Bisnis. Dana juga kerja sama dengan Kementerian Investasi terkait sinergi pengembangan UMKM berbasis digital di Indonesia pada tahun 2022, salah satunya merupakan kerja sama dalam melakukan sosialisasi bagi UMKM yang hendak memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB dapat bermanfaat bagi pengembangan usaha hingga kemudahan akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan nonbank.

“Peran penting UMKM termasuk mitra Dana Bisnis terus menjadi prioritas kami. Setelah mendigitalisasi usaha pelaku UMKM dan memberikan edukasi berkelanjutan, rasanya masih banyak tantangan lain terkait UMKM, yang harus ditangani bersama oleh seluruh ekosistem ekonomi digital,” ucap Agustina Samara.

Gibran Rakabuming Raka selaku Walikota Surakarta, menambahkan banyak masyarakat sekarang sudah mulai beralih ke non-tunai, sehingga para pelaku UMKM diharapkan dapat juga mengikuti perkembangan tren ini. “QRIS memberikan solusi yang mudah bagi pelaku UMKM dalam menerima pembayarannya,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved