Trends Economic Issues

Inilah Kunci Pembangunan yang Ramah Lingkungan

Kelestarian lingkungan untuk keberlanjutan generasi penerus harus terus dijaga. Namun di sisi lain, pembangunan di segala bidang juga perlu terus didorong tanpa merusak lingkungan di sekitarnya.

Mengenai pembangunan yang ramah lingkungan, Menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa inovasi pembiayaan menjadi kunci penting untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Berbagai kebijakan fiskal termasuk insentif pajak pun berperan sebagai instrumen katalisator untuk mendorong daya tarik investasi hijau di bidang efisiensi energi.

Sri Mulyani mengaku, Pemerintah Indonesia terus mendayagunakan APBN untuk mendukung berbagai proyek terkait isu perubahan iklim. Sejumlah upaya telah dilakukan antara lain melalui Penandaan Anggaran Perubahan Iklim/Climate Budget Tagging (CBT) serta peluncuran green sukuk, green bonds, blue bonds, dan SDG bonds.

“Kami juga mengeluarkan sejumlah insentif fiskal untuk menarik investasi swasta dalam proyek dan industri hijau. Antara lain seperti tax holiday, tax allowance, serta berbagai fasilitas dalam PPN, pajak impor, dan pajak properti,” kata Sri Mulyani dalam forum Energy Efficient MortgageDevelopment Throughout ASEAN Countries (22/08/2023).

Meski demikian, ia mengungkapkan bahwa proses menuju pembangunan ramah lingkungan masih menemui sejumlah tantangan. “Hambatan finansial, yang ditandai dengan tingginya biaya di muka dan terbatasnya akses permodalan membayangi jalan menuju pembangunan gedung dan infrastruktur berkelanjutan dengan prinsip efisiensi energi,” ungkapnya.

Investasi yang diperlukan untuk membuat bangunan ramah lingkungan tidaklah sedikit. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebutkan berdasarkan data IFC, wilayah Asia Pasifik membutuhkan investasi sebesar US$17.8 triliun. Sementara di Indonesia sendiri diperkirakan membutuhkan US$200 miliar untuk kebutuhan investasi dalam membuat bangunan ramah lingkungan.

“Dengan kata lain, pemerintah harus me-leverage berbagai opsi pembiayaan untuk mendukung proyek-proyek bangunan ramah lingkungan di Indonesia. Ini adalah tantangan yang membutuhkan solusi inovatif dan upaya kolaboratif tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga bagi seluruh negara anggota ASEAN,” ujarnya.

Sebagai penutup, Sri Mulyani kembali menegaskan bahwa langkah menuju efisiensi energi tidak bisa dilakukan sendirian. Perlu kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, lembaga keuangan, industri, serta masyarakat untuk bekerja sama demi mewujudkan masa depan di mana efisiensi energi menjadi fondasi dari pembangunan yang berkelanjutan di wilayah ASEAN.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved