Trends Economic Issues

Indonesia Ajak Brasil Investasi di Sektor Peternakan Sapi

Ilustrasi sapi dok PT Widodo Makmur Perkasan Tbk

Menteri Luar Negeri RI (Menlu) Retno Marsudi menjamu Menteri Luar Mauro Vieira Negeri Brasil di Jakarta, Senin (9/10/2023). Dalam pertemuan ini, Menlu mengajak Brasil untuk berinvestasi di sektor peternakan sapi di Indonesia.

Menurut Menlu, Brasil adalah salah satu negara dengan ekonomi besar yang sedang berkembang juga sesama Global South dan anggota G20. Kerja sama antara Indonesia dan Brasil akan memberikan banyak kontribusi bagi dunia yang penuh ketidakpastian dengan membentuk agenda internasional untuk membawa suara dan kepentingan dari Global South.

“Brasil adalah mitra perdagangan dan investor terbesar Amerika Latin di Indonesia. Saya menyambut baik meningkatnya perdagangan antara kedua negara. Namun, saya tekankan pentingnya memiliki perdagangan yang lebih seimbang,” ujar Menlu dalam keterangan persnya.

Untuk memperkuat kerja sama ekonomi, Menlu menyarankan untuk memulai negosiasi Indonesia – MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). “Hambatan perdagangan – termasuk hambatan tarif dan nontarif–harus dihapus,” ujar Retno.

Kedua, Menlu mendorong Brasil untuk berinvestasi dalam pengembangbiakan ternak sapi di Indonesia. Ketiga, Menlu meminta Brasil membuka akses untuk produk perikanan Indonesia. Keempat, mengajak Brasil mengembangkan produksi vaksin bersama untuk penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kelima, mendorong kerja sama dalam energi terbarukan, termasuk pengembangan ethanol (biofuel) dan perkebunan tebu, serta kolaborasi riset (R&D) dalam meningkatkan produksi biofuel. Keenam, mendorong kerja sama dalam sains dan teknologi serta inovasi, khususnya untuk mendukung ketahanan pangan dan energi.

“Saya ingin menekankan bahwa ketahanan energi dan pangan harus menjadi prioritas hubungan bilateral kita. Selain itu, kerja sama dalam isu kehutanan juga harus menjadi prioritas kedua negara. Indonesia dan Brasil adalah dua negara yang memiliki hutan yang luas,” ujar Menlu.

Tentang ASEAN, setelah pertemuan bilateral, Retno mengungkapkan bahwa mereka juga mengadakan pertemuan trilateral dengan Sekretaris Jenderal ASEAN. Menurutnya, ini adalah langkah penting ke depan untuk lebih memperkuat kerja sama dialog sektoral antara ASEAN dan Brasil.

“Indonesia juga berharap untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Brasil dalam berbagai kegiatan kerja sama sektoral ASEAN, termasuk dalam menjaga ketahanan pangan dan energi, serta mendorong pembangunan berkelanjutan di kawasan. Terakhir, tahun depan Brasil akan memimpin G20. Indonesia sepenuhnya mendukung presidensi Brasil di G20,” ungkapnya.

Menlu yakin, jika negara-negara berkembang seperti Brasil dan Indonesia bekerja sama, maka dapat menjadi kekuatan positif yang mendorong perubahan transformasional. “Saya yakin kepresidenan G20 Brasil akan terus mendukung agenda yang mempromosikan stabilitas, solidaritas, dan kesetaraan dalam tatanan global,” ucapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved