Capital Market & Investment

PGEO Bukukan Rp11,3 Miliar dari Perdagangan Bursa Karbon

Produksi PGEO pada kuartal III 2023 mencapai 4,3% YoY. (dok PGEO)

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) berhasil membukukan sebesar US$732 ribu atau Rp11,3 miliar dalam partisipasi perdananya di Bursa Karbon Indonesia. Direktur Operasi PGEO Ahmad Yani mengatakan, hal ini menjadi landasan yang positif dalam melangkah ke depan.

Ia juga menyambut baik tambahan pemasukan yang dibukukan dari perdagangan Bursa Karbon Indonesia. Kontribusi PGEO dari pasar karbon domestik ini diperoleh dari diterbitkannya 864.209 Ton CO2eq karbon pada September 2023.

“PGE sudah berpengalaman mengelola proyek kredit karbon sejak 2011. Listrik yang dihasilkan dari panas bumi ini memiliki jejak emisi karbon 10 kali lebih rendah dibandingkan pembangkit listrik dari sumber daya tak terbarukan. Hal ini mencerminkan komitmen kami dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target net zero emission,” kata Ahmad Yani dalam keterangan resminya, Selasa (31/10/2023).

Ahmad Yani menjelaskan bahwa karbon kredit yang dihasilkan oleh PGE tersebut dihasilkan dari proyek Karaha (unit 1), Ulubelu (unit 3 dan 4), dan Lahendong (unit 5 dan 6). “Untuk Lumut Balai (unit 1 dan 2) saat ini masih dalam tahap verifikasi,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk perdagangan di Bursa Karbon Indonesia PGE melibatkan proyek Lahendong (unit 5 dan 6) merupakan hasil kerjasama dengan PT Pertamina Power Indonesia (PPI) sejak April 2023. Secara teknis penjualan karbon Pertamina Group ini dilakukan oleh PPI yang merupakan subholding Power & New Renewable Energy (PNRE).

“Sementara PGE hanya berperan dalam menyediakan pasokan karbon yang dibutuhkan investor di Bursa Karbon Indonesia. Ke depannya, PGE akan tetap berfokus untuk memperkuat posisinya di sektor energi baru dan terbarukan (EBT), khususnya panas bumi guna menyediakan akses ke energi bersih yang andal dan terjangkau,” ucapnya.

Di sisi lain, PGEO berhasil meraih peningkatan kinerja produksi pada kuartal III 2023 yang mencapai 4,3% YoY dengan mencatatkan 3.586 GWh dari target 4.524 GWh pada akhir 2023. Pada periode ini, Kamojang menjadi area paling produktif dengan produksi sebesar 1.281 GWh yang disusul oleh Lahendong 664 GWh.

Ahmad Yani mengungkapkan terdapat sejumlah faktor utama yang memberikan stimulus. Ia menyebut keberhasilan perseroan dalam menanggulangi bottleneck pada Ulubelu (Unit 1-4) menjadi faktor penentu yang memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan produksi PGE sepanjang kuartal ketiga ini.

Faktor utama lainnya adalah pemeliharaan area Karaha dari November 2021 hingga Maret 2022, serta adanya sejumlah perbaikan yang dilakukan secara besar-besaran pada sejumlah area pembangkit listrik panas bumi (PLTP).

“Perbaikan tersebut sudah kami kerjakan pada PLTP Ulubelu Unit 3 pada kuartal II-2022, PLTP Lahendong Unit 5 & 6 di kuartal I-2022, dan inspeksi tahun pertama PLTP Lumut Balai unit 1 pada kuartal III-2022,” ujar Yani.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved