Financial Report Capital Market & Investment

Genjot Investasi, Realisasi Capex ELSA Capai 57%

Pengadaan armada mobil tanki oleh Elnusa. (dok ELSA)

PT Elnusa Tbk (ELSA) terus meningkatkan kapasitas bisnis melalui pembelanjaan investasi dari belanja modal. Melalui peningkatan kapasitas peralatan diharapkan perseroan mampu memberikan solusi tepat guna.

Adapun realisasi capex sejauh ini per september 2023 sudah terserap pada kisaran 57% dari rencana belanja modal perusahaan sebesar Rp500 miliar. Perseroan menilai hal tersebut menjadi sinyal positif prospek bisnis pada tahun mendatang.

Manager Corporate Communication Elnusa, Jayanty Oktavia Maulina mengatakan berdasarkan serapan belanja modal tersebut, top cash out realization year to date September 2023 dikontribusikan sebesar 27% untuk lini bisnis hulu yang meliputi cementing unit, equipment slickline, dan electric wireline (EWL) onshore. Sebesar 25% pada jasa energy distribution & logistic untuk kebutuhan penggantian armada mobil tangki reguler.

“Sementara itu sebesar 43% untuk kebutuhan jasa penunjang, yakni meliputi accomodation work barge offshore & kebutuhan operasional barge. Lalu sisanya, 5% penggunaan untuk non project,” kata Jayanty dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (10/11/2023).

Dia mengungkapkan, hingga akhir tahun 2023 perseroan masih menargetkan untuk melakukan investasi yang selektif dan tepat sasaran serta melanjutkan kinerja operasional yang efisien. Hal ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan terus mendorong penguatan keunggulan operasional, peningkatan kapasitas, dan pengembangan usaha.

Selanjutnya perseroan akan tetap fokus memperkuat dan mengembangkan tiga bisnis inti perseroan pada jasa hulu migas, jasa distribusi dan logistik energi dan jasa pendukung migas yang mampu menunjang kinerja perseroan satu sama lain. “Di samping itu, perseroan mendukung program pemerintah untuk melakukan konversi energi dan saat ini sedang menjajaki pengembangan bisnis baru dalam industri energi baru terbarukan,” ujar Jayanty.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved