Technology Trends

Persiapan Kawan Lama Solution Sambut Era Society 5.0

Inovasi Kawan Lama Solution yang dipamerkan di Manufacturing Indonesia 2023.

Teknologi dan otomasi memainkan peran besar dalam mengubah dunia kerja saat ini dan akan terus berperan penting menuju era society 5.0 nanti. Komitmen untuk terus berperan dalam industri tersebut, perusahaan penyedia peralatan industri teknik dan komersial Kawan Lama Solution turut serta dalam Manufacturing Indonesia 2023.

Albertus Primusanto selaku Direktur Kawan Lama Solution mengatakan, untuk mendukung pengembangan industri berkelanjutan menuju society 5.0, pihaknya mengaku senantiasa menghadirkan solusi optimalisasi bisnis melalui penggunaan peralatan termutakhir. Dalam Society 5.0, perusahaan perlu menyeimbangkan efisiensi dan produktivitas secara optimal sehingga dapat tercipta operasional industri yang berkelanjutan.

“Kawan Lama Solution, melalui salah satu produk unggulannya yakni vertical lifter module sebagai warehouse solution, juga turut membantu mendorong efisiensi produksi dan fasilitas penyimpanan di gudang. Alat ini memiliki kemampuan untuk meminimalisir kebutuhan material handling equipment, untuk mengambil produk pada area yang tinggi dan cocok digunakan di area penyimpanan terbatas,” ujarnya dalam siaran pers di Jakarta (07/12/2023).

Kawan Lama Solution juga mendorong adaptasi bisnis terhadap konsep keberlanjutan dalam industri dengan menghadirkan solusi-solusi inovatif, seperti menghadirkan forklift lithium yang memanfaatkan teknologi energi hijau. Selain itu, forklift ini juga dilengkapi dengan telemetri yang memungkinkan peningkatan efisiensi melalui manajemen dan pemantauan real-time dengan teknologi otomasi dan IoT (Internet of Things).

“Perusahaan juga menghadirkan Automatic Guided Vehicle (AGV) sebagai solusi material handling. AGV merupakan robot yang mampu bergerak sesuai dengan jalur yang telah ditentukan, dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik, dan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan efisiensi di pabrik, mengurangi biaya operasional secara keseluruhan, dan mendukung penerapan keberlanjutan dalam industri,” ujarnya.

Kawan Lama Solution mulai membantu perjalanan digitalisasi industri pengelasan melalui teknologi otomasi dan IoT (Internet of Thing) yang diusung oleh produk Robot Meta dan AoT AI. Selain itu, juga ada vertical machine center dan CNC wirecut yang terintegrasi dalam dashboard monitoring system dan integrated painting line system yang bekerja sama dengan Principal Brand Wagner dari Jerman.

“Kehadiran teknologi otomasi telah mengubah lanskap bisnis dan sosial secara signifikan. era society 5.0, sebuah konsep yang menekankan integrasi erat antara manusia dan teknologi.“Di era ini, perusahaan dan individu harus siap untuk menghadapi perubahan yang cepat dan beradaptasi dengan teknologi canggih yang semakin dominan. Maka, pelatihan SDM merupakan kunci penting untuk memastikan bahwa SDM dapat bersaing dan memenuhi tuntutan dunia kerja yang berubah di era Society 5.0,” ucap Albert.

Pendekatan yang holistik dan berkelanjutan tentu diperlukan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan teknologi modern. Untuk mendukung hal tersebut, perusahaan memaparkan solusi mengenai Predictive Maintenance Impacts for Energy Savings. Dengan solusi ini, pelaku industri dapat menganalisa hasil kerja dari semua sistem yang ada pada mesin serta peralatan industri yang beroperasi.

“Sektor industri manufaktur Indonesia harus siap menuju perubahan besar dalam menghadapi era society 5.0. Mendukung semangat ini, produk-produk yang dihadirkan Kawan Lama Solution diharapkan mampu menjadi solusi akan kebutuhan pemeliharaan, perbaikan, dan pengelolaan operasional perusahaan, seraya mendorong perubahan industri manufaktur di Indonesia,” ucap Albert.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved