Marketing Trends

Tokopedia dan Tiktok Resmi Kerja Sama, Dimulai Harbolnas 12.12

Tiktok dan Tokopedia resmi kerja sama, mulai projek bersama Harbolnas 2023. (dok Tiktok & Tokopedia)

Entitas induk e-commerce Tokopedia (GoTo) menyampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) bahwa Tokopedia dan Tiktok resmi bermitra dan bekerjasama secara strategis, Senin (11/12/2023). Kerja sama ini bertujuan untuk mendorong pertumbuhan jangka panjang atas sektor usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) Indonesia dan ekonomi digital secara keseluruhan.

Dalam keterbukaan informasi tersebut Sekretaris Perusahaan GoTo Koesoemohadiani mengungkapkan bahwa rencana kemitraan strategis akan dimulai dengan periode awal yang dilakukan melalui konsultasi erat dengan pengawasan oleh instansi pemerintahan yang relevan. Kampanye pertama adalah inisiatif ‘Beli Lokal’ yang akan diluncurkan pada tanggal 12 Desember 2023, bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

“Sebagai bagian dari rencana kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan dibawah entitas Tokopedia. TikTok juga telah berkomitmen untuk memberikan investasi awal dalam bentuk dana tunai dan promissory notes, dan tambahan pendanaan untuk mendukung modal kerja yang dibutuhkan oleh Tokopedia, tanpa adanya dilusi lanjutan terhadap kepemilikan perseroan,” katanya, Senin (11/12/2023).

Koesoemohadiani mengatakan ke depannya, TikTok, Tokopedia dan perseroan akan melakukan transformasi atas sektor e-commerce Indonesia dan menciptakan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang. Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari Tik Tok, Tokopedia dan perseroan termasuk promosi produk Indonesia di platform Tokopedia dan TikTok.

Selanjutnya kerja sama juga akan membangun kapasitas UMKM Indonesia melalui pengembangan kemampuan dan memberikan sumberdaya sehubungan dengan produksi dan penjualan secara upstream. Semua pihak juga akan mendukung pedagang untuk menjual produk secara daring dengan memberikan dukungan di berbagai bidang seperti pemasaran, branding, dan praktik bisnis yang berkelanjutan.

Tokopedia,Tiktok, dan perseroan juga akan membantu merek lokal untuk mempromosikan produk mereka di pasar internasional, pendirian program-program pelatihan untuk membantu merek-merek Indonesia menawarkan produk-produknya di pasar internasional. “Selanjutnya pengembangan talenta lokal dan program pelatihan teknologi terkait yang juga akan menjadi fokus dengan tujuan untuk meningkatkan kapabilitas teknologi dari talenta dan bisnis lokal, dan memastikan marketplace yang mendorong persaingan yang adil,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved