Damri dan McEasy Jamin Kenyamanan Perjalanan Mudik dengan Teknologi Inovatif


Dalam menghadapi lonjakan pelanggan pada masa mudik dan libur Lebaran tahun 2025, Damri (Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia) memastikan layanan berjalan aman dan nyaman. BUMN bidang transportasi darat yang berdiri sejak 25 November 1946 itu, kini memiliki 4 Divisi Regional dan 44 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
“DAMRI selalu mengambil langkah-langkah strategis guna memastikan bahwa operasional dapat terlaksana secara optimal dan aman mulai dari ramp check, pemeriksaan kesehatan pengemudi serta penggunaan teknologi,” jelas Senior Vice President Komersil dan Pengembangan Usaha DAMRI, Agus Hari Survijanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (29/3/2025).
DAMRI makin memperkuat sistem keamanan dengan memasang GPS dan CCTV (TrackVision) di seluruh armada yang dapat dipantau dari Central Control Room. Dengan adanya GPS dan CCTV (TrackVision) yang berkolaborasi dengan McEasy, DAMRI dapat memantau situasi di dalam bus secara langsung, termasuk kecepatan dan posisi armada, serta keadaan pramudi dan penumpang. Ini memungkinkan DAMRI untuk mengambil tindakan cepat jika diperlukan.
“Selain mendukung keselamatan dan keamanan pelanggan selama mudik, McEasy juga mengoptimalkan operasional DAMRI melalui teknologi pemantauan video (TrackVision) berbasis Artificial Intelligence dan fitur VoIP untuk kemudahan komunikasi antara operator dan pengemudi. Hal ini memungkinkan DAMRI untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi risiko kecelakaaan dan mempercepat respons terhadap situasi darurat yang pada akhirnya mendung keamanan para pemudik," kata Co-founder McEasy, Hendrik Ekowaluyo seperti ditulis swa.co.id di Jakarta, Sabtu (29/3/2025).
McEasy adalah perusahaan teknologi yang menyediakan solusi digital untuk manajemen transportasi dan logistik. Melalui solusinya, McEasy membantu mengoptimalkan sektor logistic dengan menyediakan tracker kendaraan real-time, manajemen armada dan dashcam TrackVision berbasis kecerdasan buatan untuk meningkatkan keselamatan berkendara di jalan. Teknologi-teknologi ini mengatasi masalah inefisiensi dan keselamatan dalam operasional mudik, serta membantu untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas.
Berbagai kesiapan dan kolaborasi dengan McEasy ini merupakan bagian dari komitmen DAMRI untuk meningkatkan kualitas layanan dan memberikan rasa aman bagi pelanggan selama periode mudik yang mengalami lonjakan mulai 25-28 Maret 2025. Damri berharap dengan langkah-langkah ini, perjalanan masyarakat dapat berlangsung dengan berkesan hingga sampai di kampung halaman.
Didirikan pada tahun 2017 di Surabaya, McEasy adalah perusahaan IoT dan SaaS yang fokus pada transformasi ekosistem transportasi dan rantai pasokan di Indonesia. Platform McEasy (MEP) menawarkan solusi yang komprehensif, termasuk mobilitas IoT untuk manajemen armada, pengiriman logistik secara menyeluruh dan pemeliharaan kendaraan. Sebagai mitra inovatif bagi lebih dari 1.500 perusahaan logistik, McEasy berkomitmen untuk memberikan solusi mutakhir yang meningkatkan efisiensi. (*)