Technology

Kirim Pesan Lewat KakaoTalk Kini Super Cepat

Oleh Admin
Kirim Pesan Lewat KakaoTalk Kini Super Cepat

KakaoTalk ingin menjadi yang terbaik di Indonesia. Hal ini bukan suatu yang mustahil karena jumlah pengguna aplikasi mobile messaging dan mobile social platform asal Korea Selatan ini tumbuh lebih dari 3.000 persen dalam waktu satu tahun. Demi menggaet lebih banyak pengguna, KakaoTalk bergerak cepat dengan mengaplikasikan teknologi Speed Booster. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mengirim pesan dengan super cepat.

“Kami spesial mengembangkannya untuk Indonesia,” terang Kate Sohn, Vice President of Global Business Development Kakao Corp, di Jakarta, Kamis (27/2/2014).

kakaotalk

Bagi KakaoTalk, Indonesia adalah pasar terbesar kedua. Yang pertama adalah rumahnya sendiri, Korea Selatan. Dia menuturkan, “Dalam hal pertumbuhan, Indonesia adalah pasar yang paling cepat tumbuh.” Ini bisa terjadi seiring dengan semakin menjamurnya penggunaan ponsel pintar oleh masyarakat Indonesia. Kate menyebutkan, bila tahun lalu, jumlah pengguna di Indonesia hanya 500 ribu orang. Maka sekarang ini telah mencapai angka 16 juta orang.

Pengguna KakaoTalk di Indonesia kini semakin sumringah lantaran pengiriman pesan menjadi kian cepat sekalipun dalam kondisi jaringan 2G atau EDGE. Ada teknologi Speed Boster di balik itu. Teknologi tersebut mempunyai dua fitur, yaitu Image Relay dan Speed Booster Engine. Image Relay gunanya untuk meningkatkan kecepatan pengiriman foto, dengan memotong-motong dan mengirimkan foto yang diunggah dalam pecahan-pecahan kecil. Pengiriman foto dipastikan bisa lebih efektif dan efisien. Teknologi juga dilengkapi dengan kemampuan pengoptimalan foto untuk menjaga kualitas gambar.

Sedangkan Speed Booster Engine membuat pesan bisa dikirim dengan cepat dengan mengurangi ukuran paket komunikasi dan meminimalisasi koneksi ke server pesan. “Pembaharuan ini adalah hasil dari investasi kami di bidang teknologi yang secara intensif kami lakukan selama lebih dari setahun, serta sejalan dengan komitmen Kakao untuk menghadirkan messenger terbaik bagi para pengguna Indonesia,” tutur Kate. Ia pun menuturkan, teknologi ini bisa digunakan di lima sistem operasi: Android, iOS, BlackBerry, Asha, dan Windows Phone.

Selain memperkenalkan teknologi anyar ini, Kakao juga meluncurkan identitas merek baru KakaoTalk dengan simbol Thunderbolt. Logo KakaoTalk Thunderbolt akan segera muncul di loading screen KakaoTalk untuk Android dan BlackBerry. Dalam waktu dekat hal itu juga tersedia di Asha dan Windows Phone, namun tidak untuk iOS. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved