Skip to main content

Channels

Apa 3 Rekomendasi Usulan KUR oleh Menteri PPN?

  • 20 Des 2022, 18:30 WIB
  • 20
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (Foto : Bappenas).

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa menyampaikan ada tiga rekomendasi target penyaluran kredit usaha rakyat pada tahun 2023 adalah sebesar Rp 470 triliun. Upaya peningkatan penyalurah KUR dilakukan dengan melibatkan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian, dan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara.

“Saya menghadiri Penyerahan KUR Klaster dan Penyaluran Dana melalui Lembaga Penyalur Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), di Istana Negara hari ini, ungkapnya dikutip dari Instragram suharsomonoarfa, Selasa (20/12/2022)

Kementerian Koperasi dan UKM berperan dalam fasilitasi pendampingan bagi usaha mikro dan fasilitasi pembiayaan KUR klaster bagi usaha mikro. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berperan dalam penyusunan rekomendasi kebijakan penyaluran KUR. Sementara Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA-BUN) berperan dalam subsidi Imbal Jasa Penjaminan KUR dan subsidi bunga KUR.

Dia menyampaikan sejumlah rekomendasi kebijakan KUR pada tahun 2023. Pertama, target penyaluran KUR untuk sektor produksi yang dihilangkan di tahun 2020-2021 akibat pandemi perlu diberlakukan kembali menjadi sebesar 50% di tahun 2023. Kedua, tambahan subsidi bunga KUR yang diberlakukan hingga akhir tahun 2022 perlu dilanjutkan khusus untuk sektor produksi, terutama pertanian. Ketiga, suku bunga untuk KUR sektor produksi, terutama pertanian, menjadi sebesar 3%, sedangkan KUR untuk sektor lainnya kembali menjadi 6%.

Penyaluran dana bergulir melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB KUMKM) pada periode tahun 2022 mencapai Rp1,39 triliun yang disalurkan pada 161 mitra. Adapun penyaluran dana bergulir terbesar tahun 2022 berada di Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 415 miliar disalurkan kepada 44 mitra, di Sulawesi Selatan penyaluran mencapai Rp 171 miliar yang disalurkan kepada 5 mitra.

Di Jawa Barat, penyaluran mencapai Rp 161 miliar yang disalurkan kepada 26 mitra. Di Jawa Timur, penyaluran dana mencapai Rp 149 miliar dan disalurkan kepada 24 mitra. Di Provinsi DKI Jakarta, penyaluran dana mencapai Rp 109 miliar yang disalurkan kepada 9 mitra.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Terbaru